Kegunaan Kunir atau Kunyit untuk Tubuh



Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Dalam bahasa Banjar kunyit atau kunir ini dinamakan Janar.

Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura).

Selain itu kunir atau kunyit juga bisa dipakai sebagai obat yang berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan, mempengaruhi bagian perut khususnya pada lambung, merangsang, melepaskan gas di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah, selain itu juga digunakan sebagai bahan dalam masakan.

Kunyit atau kunir juga bisa digunakan untuk hal yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, misal pada beberapa kasus yang ditandai dengan bau badan tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar, penggunaan kunyit adalah sangat efektif, yaitu dengan meminum segelas juice kunyit (dibuang ampasnya), selama 2 minggu berturut-turut.

Cara Sederhana :
  1. Ambil segenggam kunyit, lalu kupas.
  2. Parut atau jus dengan blender (tambahkan air secukupnya)
  3. Didihkan 2-3 kali (ditandai dengan pemuaian)
  4. Tambahkan garam sedikit (ujung sendok)
  5. Saring dan Peras
  6. Tambahkan perasan jeruk nipis (1-3 biji, sesuai selera)
  7. Tambahkan juga gula / madu
  8. Minum dalam keadaan hangat
Selamat mencoba.... 

0 Response to "Kegunaan Kunir atau Kunyit untuk Tubuh"

Post a Comment