Manfaat Pohon dan Biji Kemiri




Kemiri (Aleurites moluccana), adalah tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Dalam perdagangan antarnegara dikenal sebagai candleberry, Indian walnut, serta candlenut. Pohonnya disebut sebagai varnish tree atau kukui nut tree. Minyak yang diekstrak dari bijinya berguna dalam industri untuk digunakan sebagai bahan campuran cat



Di pulau Jawa, biji kemiri juga digunakan sebagai saus kental yang dimakan dengan sayuran dan nasi. Kemiri memiliki kesamaan dalam rasa dan tekstur dengan macadamia yang juga memiliki kandungan minyak yang hampir sama.


Penanaman kemiri modern kebanyakan hanya untuk memperoleh minyaknya. Dalam setiap penanaman, masing-masing pohon akan menghasilkan sekitar 30–80 kg kacang kemiri, dan sekitar 15 sampai 20% dari berat tersebut adalah minyak yang akan didapat. Kebanyakan minyak yang dihasilkan pohon kemiri digunakan secara lokal, tidak diperdagangkan secara internasional.

Minyak kemiri terutama mengandung asam oleostearat. Minyak yang lekas mengering ini biasa digunakan untuk mengawetkan kayu, sebagai bahan pernis atau cat, melapis kertas agar anti-air, bahan sabun, bahan campuran isolasi, pengganti karet, dan lain-lain. 

Beberapa bagian dari tanaman ini bisa digunakan untuk obat-obatan tradisional, khususnya di daerah-daerah  pedalaman. Minyaknya dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam perawatan rambut (untuk menyuburkan rambut) yang terkenal dengan minyak kemiri. Sedangkan bijinya dapat digunakan sebagai pencahar. Di Jepang, kulit kayunya telah digunakan untuk obat tumor. Di pulau Sumatera, bijinya dibakar dengan arang, lalu dioleskan di sekitar pusar untuk menyembuhkan diare. Di Jawa, kulit batangnya digunakan untuk mengobati diare atau disentri.

Luar biasa ternyata manfaat dari kemiri dan pohonnya...

0 Response to "Manfaat Pohon dan Biji Kemiri"

Post a Comment