15 Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

Manfaat-Pisang

Buah pisang merupakan buah yang tidak mengenal musim. Kali ini kami akan memberikan 15 manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh. Jadi buah pisang dapat kita temukan disepanjang tahun. Selain buah yang mudah didapat, murah, enak dan bergizi, buah ini mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita. 
Berikut adalah beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh.


1. Mengatasi Sembelit
Pisang merupakan buah yang kaya akan serat sehingga bisa membantu mengatasi sembelit. Pisang juga kaya akan kalium yang membantu mengembalikan elektrolit yang hilang karena diare.

2. Membuat Diri Jadi Ceria
Salah satu manfaat buah pisang yang penting adalah dapat mengurangi gejala depresi. Pisang merupakan buah yang kaya akan triptofan. Triptofan merupakan protein yang membantu meningkatkan suasana hati sehingga membuat seseorang merasa lebih bahagia.

3. Menguatkan Tulang Tubuh
Orang yang menjadikan pisang sebagai makanan utama dari diet sehari-hari terbukti dapat menurunkan tingkat gangguan pada tulang. Senyawa fructooligosaccharide dalam buah pisang berperan penting dalam meningkatkan kemampuan tubuh menyerap kalsium dari berbagai sumber.

4. Mengurangi Nyeri Haid
Pisang mempunyai kandungan Vitamin B6 yang membantu mengatur regulasi kadar glukosa darah dan perubahan suasana hati. Sehingga pisang juga mempunyai manfaat untuk mengurangi nyeri saat haid.

5. Menyehatkan Ginjal
Perempuan yang mengonsumsi pisang dan buah-buahan lainnya setiap hari diketahui mengalami penurunan risiko kanker ginjal secara signifikan. Berbagai jenis penyakit ginjal dapat dicegah dengan memasukkan pisang sebagai diet rutin sehari-hari. Senyawa fenolik antioksidan yang terkandung dalam pisang memiliki kemampuan memberi perlindungan terhadap penyakit ginjal.

6. Membantu Berhenti Merokok
Kecanduan nikotin membuat usaha menghentikan kebiasaan merokok menjadi tidak mudah. Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi dalam pisang membantu tubuh melawan efek kecanduan nikotin sehingga memudahkan orang yang ingin berhenti merokok.

7. Hipertensi
Kadar kalium yang tinggi dan kadar natrium yang rendah membuat pisang dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

8. Mengurangi Keasaman & Mencegah Iritasi Lambung
Pisang memicu tubuh memproduksi mukus kental sehingga melindungi lambung dari asam. Pisang memiliki kemampuan mengurangi kadar asam lambung. Oleh karena itu, buah ini ideal untuk mengatasi gejala tukak maag. Selain itu, pisang juga membantu menghilangkan bakteri patogen yang bertanggung jawab menyebabkan ulkus.

9. Meningkatkan Konsentrasi
Riset membuktikan bahwa anak-anak yang suka makan pisang cenderung lebih pintar daripada anak-anak yang tidak mengkonsumsi pisang. Pisang mempunyai kandungan kalium yang melimpah, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

10. Meningkatkan Kadar Zat Besi
Teman yang baik untuk seorang penderita anemia adalah buah pisang. Pisang mempunyai  zat besi yang tinggi sehingga membantu tubuh memproduksi jumlah hemoglobin yang optimal sehingga meningkatkan proses pembekuan darah bila mengalami cedera.

11. Meredakan Morning Sickness
Ibu hamil yang mengalami morning sickness dapat mengkonsumsi buah pisang secara teratur untuk mengurangi morning sickness tersebut. Selain mengatur suhu tubuh, pisang juga menjaga kadar glukosa yang sehat bagi tubuh.

12. Mengurangi Efek Mabuk
Bahan aktif dalam buah pisang membantu tubuh menyuplai kembali kebutuhan vitamin dan mengurangi efek mabuk.

13. Mencegah Stroke
Orang yang rentan stroke disarankan untuk mengkonsumsi pisang setiap hari. Selain itu buah pisang ini juga dapat menghindarkan munculnya komplikasi yang serius.

14. Membantu Penglihatan
Manfaat lain yang cukup penting pada nutrisi buah pisang adalah kemampuannya untuk mengurangi risiko munculnya age-related macular degeneration (ARMD). ARMD adalah gangguan yang dikenal menjadi penyebab utama kehilangan penglihatan pada usia tua.

15. Mengobati Gigitan Nyamuk
Pisang adalah makanan super karena bahkan kulitnya pun bermanfaat untuk mengobati gigitan nyamuk. Gosokan bagian dalam kulit pisang di daerah yang digigit nyamuk untuk meredakan gatal bekas gigitan nyamuk dan bengkak pada kulit.

Demikian gambaran bagi anda yang telah menyukai buah pisang sebagai makanan favorit. Semoga artikel tentang 15 manfaat buah pisang bagi kesehatan dapat bermanfaat dan membantu anda untuk menjaga kesehatan tubuh dan melindungi orang-orang disekitar kita. Selamat mencoba.

1 Response to "15 Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan"

  1. Ternyata setelah saya membaca semua artikel ini, banyak juga dari Manfaat buah pisang tidak Cuma dengan serupa, bahkan lebih dari satu manfaat pisang ini, memang web ini menyuguhkan artikel yang sangat bagus dan baik, enak dibaca dan juga dipahami, salam sehat buat pemegang web ini, dan tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu untuk saling mengetahui : Manfaat Buah Pisang

    Salam sehat, dan panjang umur. amin

    ReplyDelete