Aerobik! Ringan, Murah, Manfaat Luar Biasa

Aerobik untuk kesehatan tubuh
Aerobik mempunyai manfaat luar biasa, itulah yang ingin saya sampaikan kali ini. Saat usia kita semakin bertambah, kita tetap memerlukan olahraga untuk menjaga kesehatan kita. Olahraga yang kita cari tentunya olah raga yang tidak menimbulkan cedera pada tubuh kita. Nah, salah satu olahraga yang aman dan membuat kita berkeringat sangat banyak adalah aerobik. Aerobik berarti proses yang memerlukan oksigen. Hal ini mengindikasikan bahwa dalam olahraga aerobik, tubuh memerlukan oksigen untuk mempercepat metabolisme.


Saat melakukan latihan aerobik, paru-paru terisi penuh oksigen untuk ditransfer ke pembuluh darah. Jantung kemudian memompa darah beroksigen dan mengirimkannya ke semua otot tubuh. Darah beroksigen membantu kontraksi otot yang diiringi dengan diserapnya oksigen oleh otot. Semakin cepat kontraksi otot, semakin cepat terjadi pembakaran lemak berlebih.

Adapun salah satu manfaat terbesar dalam latihan aerobik adalah memperbesar ukuran jantung sehingga memudahkan jantung mengirim darah beroksigen ke seluruh tubuh. Kondisi ini akan mempercepat proses pembakaran kalori oleh otot yang bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap terkontrol. Latihan aerobik juga membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh tetap dalam kondisi baik sehingga menghambat kemunculan berbagai penyakit.

Berikut kami sampaikan manfaat untuk kesehatan dengan latihan aerobik

1. Latihan aerobik merupakan bentuk latihan kardiovaskular yang membantu membuat jantung menjadi lebih kuat. Saat melakukan aerobik, jantung memproses lebih banyak oksigen dan meningkatkan kekuatan pemompaan darah.

2. Dengan latihan aerobik jantung mencapai kebugaran fisik yang lebih baik dengan memperlambat denyut jantung istrirahat menjadi sekitar 60 detik per menit. Kesehatan tubuh menjadi terjaga.

3. Mengurangi kolesterol dalam arteri dan memperlancar sirkulasi darah juga merupakan manfaat dari kita melakukan latihan aerobik.

4. Aerobik juga dapat membakar lemak berlebih sehingga mengurangi resiko penyakit yang berkaitan dengan obesitas.

5. Dengan latihan aerobik dapat meningkatkan BMR (Basal Metabolic Rate) bahkan ketika tubuh berada dalam kondisi istirahat.

6. Mengurangi kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) dalam darah

7. Menurunkan tekanan darah sehingga mencapai batas normalnya.

8. Dengan latihan aerobik membuat tubuh lebih fleksibel sehingga mengurangi kemungkinan cedera otot.

9. Dengan aerobik membuat tubuh lebih berotot, lincah dan lebih ramping.

10. Selain itu, dengan latihan aerobik juga dapat menghilangkan stres karena adrenalin dan endofin yang dihasilkan selama latihan aerobik membuat suasana hati menjadi lebih kondusif.

Namun umumnya hasil dari latihan aerobik ini terlihat setelah mengikutinya sekitar 4 minggu. Namun perubahan pada tubuh secara umum terlihat setelah 3-4 bulan latihan. Iringi rutinitas latihan aerobik dengan asupan diet seimbang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Demikian artikel tentang aerobik! ringan, murah, manfaat luar biasa yang bisa saya sampaikan. Selamat mencoba.

0 Response to "Aerobik! Ringan, Murah, Manfaat Luar Biasa"

Post a Comment