Daun Pepaya Pembasmi Virus Demam Berdarah

daun pepaya pembasmi virus demam berdarah
Daun pepaya pembasmi virus demam berdarah merupakan salah satu alternatif yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan trombosit. Ada seorang anak sebut saja bernama Tiara, saat ini suhu tubuhnya sedang meninggi mencapai 38­0C selama tiga hari dan tidak kunjung turun. Dia terlihat lunglai dan kulitnya tampak kemerahan seperti ruam pada penderita demam berdarah dengue (DBD). Namun sang orang tua tidak membawa anak tersebut ke dokter melainkan mengambil 2 lembar daun pepaya tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Orang tua tersebut belajar dari pengalaman sekitar 2 tahun silam. Ketika itu Tiara juga mengalami gejala yang sama. Hasil pemeriksaan dokter dan laboratorium menunjukkan trombositnya di bawah ambang normal. Dokter mendiagnosa bahwa Tiara menderita DBD. Dan sang putri pun sempat menjalani rawat inap di Rumah Sakit dan mendapatkan cairan infus. Sepulangnya dari Rumah Sakit trombosit Tiara sudah kembali normal. Ada seorang tetangga menyarankan mengkonsumsi daun pepaya. Air perasan daun pepaya disebutkan membantu memulihkan gejala DBD.


Kali ini tanpa memeriksakan Tiara ke dokter, orang tuanya mengambil daun pepaya, menumbuk sampai hancur, menambahkan air, dan memeras. Lalu meminumkan air perasan tersebut dua kali sehari. Tiara juga disarankan untuk banyak minum. Sepekan mengkonsumsi air perasan daun pepaya, bocah 5 tahun itu kembali bugar seperti semula. Ternyata daun pepaya pembasmi virus demam berdarah ini bisa membuat peningkatan pada trombosit tiara.

Menurut dokter spesialis anak dari Universitas Airlangga Prof Dr dr H Soegeng Soegijanto, SpA(K), DTM & H virus dengue penyebab DBD masuk ke tubuh manusia dan menyerang sumsum tulang belakang. Akibatnya fungsi produksi trombosit terhambat sehingga jumlahnya terus berkurang. Virus juga merusak langsung trombosit darah. Trombosit berperan dalam proses pembekuan darah. Jadi jika kadar trombosit berkurang, mudah terjadi pendarahan, bahkan kematian jika sudah parah.

Virus DBD juga menyerang monosit (salah satu tipe sel darah putih) yang berperan membangun sistem kekebalan tubuh. Virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Oegypti itu berkembang dan mengeluarkan zat racun yang merusak sel endotel-sel kapiler pembuluh darah. Akibatnya pembuluh darah merah menjadi rapuh, mudah bocor dan cairan dalam pembuluh darah mudah keluar ke jaringan ikat disekitarnya sehingga pembuluh darah kekurangan cairan. Jika sudah begitu pasien merasa lemas dan pusing. Saat ini memang belum ada obat spesifik untuk mengobati demam berdarah. Untuk pasien DBD yang belum terlalu parah biasanya hanya pemberian cairan ringer laktat melalui infus untuk mencegah kekurangan cairan akibat demam dan muntah.

Saat itulah air perasan dari daun pepaya bisa kita gunakan pencegahan / gejala demam berdarah. Semoga artikel tentang daun pepaya pembasmi virus demam berdarah dapat bermanfaat untuk anda. Selamat Mencoba.

0 Response to "Daun Pepaya Pembasmi Virus Demam Berdarah"

Post a Comment