Mengatasi Flu Pada Bayi

Mengatasi Flu Pada Bayi

Mengatasi flu pada bayi bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Tentu kita mengalami kegalauan jika sang buah hati kita mengalami flu. Anak usia dibawah lima tahun (Balita) sangat rentan terhadap penyakit apapun terutama penyakit yang mudah menular. Flu adalah salah satu penyakit yang mudah menular dan hampir tiap balita juga mengalaminya. Sebagai orang tua kita pasti merasa iba melihat anak anda sulit bernafas dan terganggu tidurnya karena flu. Kadang juga flu disertai dengan demam, sakit tenggorokan, sakit kepala ataupun batuk. Seringkali anda buru-buru memberikan obat kimia, padahal ada banyak tips alami untuk mengatasi flu pada bayi, antara lain :


1. Sinar Matahari Pagi
Jika anda masih bayi, anda bisa menjemur dia dibawah sinar matahari pagi yang hangat. Namun jika anak anda sudah agak besar (bisa berjalan atau duduk), minta dia untuk tetap berada dibawah sinar matahari sambil bermain selama kurang lebih 30 menit.

2. Berikan Makanan Kaya Protein
Penyembuhan flu pada balita dapat juga kita lakukan dengan memberikan makanan yang kaya protein, karena kandungan protein dapat memperbaiki imunitas yang ada pada balita. Dengan daya imunitas yang bagus dapat mempercepat penyembuhan flu. Makanan yang mengandung protein tinggi antara lain telur, sup ayam, ikan dan susu. 

3. Memberikan Yoghurt
Dengan memberikan yoghurt saat flu sangat bagus karena yoghurt mengandung probiotik yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak serta mencegah infeksi pernafasan seperti batuk.

4. Memberikan Cairan yang Cukup
Cara mengatasi flu pada bayi selanjutnya adalah dengan ASI. Jika bayi anda masih minum Air Susu Ibu (ASI) maka lebih seringlah memberikan ASI karena kandungan ASI sangat bagus untuk mempercepat penyembuhan flu pada bayi. Jika anak sudah tidak minum ASI, berikanlah cairan lain seperti air putih, jus, minuman berion dan susu formula. Pemberian cairan yang cukup saat flu akan menjauhkan anak dari ancaman dehidrasi.

5. Tidur yang Cukup
Memperbanyak tidur pada bayi atau anak yang flu juga merupakan salah satu cara mengatasi flu. Istirahat yang cukup sangat erat kaitannya dengan daya tahan tubuh seseorang. Jangan biarkan anak anda bermain lama-lama saat flu / pilek. Karena selain akan memperlama proses penyembuhan, juga bisa menularkan virus flu pada teman-temannya.

6. Bersihkan Lendir Hidungnya
Salah satu cara agar anak lebih nyaman pada saat flu adalah dengan membersihkan lendir yang keluar pada hidung atau ingusnya. Pada bayi, karena belum bisa mengeluarkan lendirnya sendiri, maka anda dapat membeli alat penyedot ingus di apotek sekitar anda atau bahkan anda dapat menyedot lendirnya secara manual jika memang anda bisa melakukannya. Jika anak sudah bisa mengeluarkan lendirnya sendiri, minta anak untuk mengeluarkan lendirnya saat hidung terasa penuh / mampet.

Demikian beberapa cara alamiah untuk mengatasi flu pada bayi, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa sebagai orang tua, jaga selalu juga kesehatan anda.

0 Response to "Mengatasi Flu Pada Bayi"

Post a Comment

Label

agar melahirkan tidak sakit air minum air putih air susu ibu akibat darah rendah alpukat alternatif anak anak cerdas anak sehat anak tinggi anak tumbuh tinggi anak-anak asam urat asi asi banyak asi melimpah Badan Gemuk badan sehat bahaya baik bawang bawang merah bayi Bayi dan Anak bayi pijat bekas luka berat badan berat badan ideal bermain bisul Buah-buahan buta Cacingan Cantik cantk cara cara hamil anak pintar cara mencegah cara mengatasi cara mengatasi nyeri cara mengatasi susah tidur cara menjaga cara sehat cemilan cemilan sehat Cerdas contoh cemilan sehat di luar rumah diabetes diare dimensia eklamsia gaya hidup gejala gemuk Gigi ginjal glukosa glukosa darah hamil hati sehat hidup sehat hipertensi hypertensi Ibu Hamil ibu hamil pre-eklamsia imun tubuh insomnia jantung kanker kebiasaan hidup kebutaan Kecantikan kedondong kelebihan berat badan kesehatan kesehatan anak Kesehatan Gigi Kesehatan Gusi kesehatan jiwa Kesehatan Mata Kesehatan Tubuh Kesehatan Wanita kolesterol kolesterol jahat kudis Kulit lansia lemah baik lemak jahat luka makan manis makan teratur Makanan makanan berwarna warni makanan pembersih hati Makanan sehat malam hari mandi mandi malam manfaat masalah ibu hamil mata minus mata sehat melahirkan memantau menangis mencegah mencegah serangan jantung mengatasi mengurangi rasa sakit menjaga kebugaran menurunkan menyehatkan minum Minyak Ikan nyeri nyeri sendi Obat Alami obat kanker obesitas olahraga opini orang dewasa Organ Tubuh payudara pengalaman penyakit penyakit darah rendah penyakit gula penyebab Penyebab Penyakit pijat bayi pikun pola tidur porsi pas pre-eklamsia Protein Radang Sendi Rambut rematik saat hamil saat melahirkan Sakit Kepala sakit rematik sayur sehat sembelit sendi serangan jantung serviks sinar matahari Stroke susah tidur Susu tekanan darah tekanan darah rendah tekanan darah tinggi terbaik tidak kurang tidak lebih tingkat glukosa tipe diabetes Tips tips asi tips asi melimpahibu hamil tips hamil tips ibu hamil tips kebugaran tips menjaga kesehatan mata tips sehat Tomcat tubuh tubuh sehat Tumbuhan turun turun berat badan virus wacana Wajah waktu olahraga wanita waspada