Mengatasi Flu Pada Bayi

Mengatasi Flu Pada Bayi

Mengatasi flu pada bayi bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Tentu kita mengalami kegalauan jika sang buah hati kita mengalami flu. Anak usia dibawah lima tahun (Balita) sangat rentan terhadap penyakit apapun terutama penyakit yang mudah menular. Flu adalah salah satu penyakit yang mudah menular dan hampir tiap balita juga mengalaminya. Sebagai orang tua kita pasti merasa iba melihat anak anda sulit bernafas dan terganggu tidurnya karena flu. Kadang juga flu disertai dengan demam, sakit tenggorokan, sakit kepala ataupun batuk. Seringkali anda buru-buru memberikan obat kimia, padahal ada banyak tips alami untuk mengatasi flu pada bayi, antara lain :


1. Sinar Matahari Pagi
Jika anda masih bayi, anda bisa menjemur dia dibawah sinar matahari pagi yang hangat. Namun jika anak anda sudah agak besar (bisa berjalan atau duduk), minta dia untuk tetap berada dibawah sinar matahari sambil bermain selama kurang lebih 30 menit.

2. Berikan Makanan Kaya Protein
Penyembuhan flu pada balita dapat juga kita lakukan dengan memberikan makanan yang kaya protein, karena kandungan protein dapat memperbaiki imunitas yang ada pada balita. Dengan daya imunitas yang bagus dapat mempercepat penyembuhan flu. Makanan yang mengandung protein tinggi antara lain telur, sup ayam, ikan dan susu. 

3. Memberikan Yoghurt
Dengan memberikan yoghurt saat flu sangat bagus karena yoghurt mengandung probiotik yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak serta mencegah infeksi pernafasan seperti batuk.

4. Memberikan Cairan yang Cukup
Cara mengatasi flu pada bayi selanjutnya adalah dengan ASI. Jika bayi anda masih minum Air Susu Ibu (ASI) maka lebih seringlah memberikan ASI karena kandungan ASI sangat bagus untuk mempercepat penyembuhan flu pada bayi. Jika anak sudah tidak minum ASI, berikanlah cairan lain seperti air putih, jus, minuman berion dan susu formula. Pemberian cairan yang cukup saat flu akan menjauhkan anak dari ancaman dehidrasi.

5. Tidur yang Cukup
Memperbanyak tidur pada bayi atau anak yang flu juga merupakan salah satu cara mengatasi flu. Istirahat yang cukup sangat erat kaitannya dengan daya tahan tubuh seseorang. Jangan biarkan anak anda bermain lama-lama saat flu / pilek. Karena selain akan memperlama proses penyembuhan, juga bisa menularkan virus flu pada teman-temannya.

6. Bersihkan Lendir Hidungnya
Salah satu cara agar anak lebih nyaman pada saat flu adalah dengan membersihkan lendir yang keluar pada hidung atau ingusnya. Pada bayi, karena belum bisa mengeluarkan lendirnya sendiri, maka anda dapat membeli alat penyedot ingus di apotek sekitar anda atau bahkan anda dapat menyedot lendirnya secara manual jika memang anda bisa melakukannya. Jika anak sudah bisa mengeluarkan lendirnya sendiri, minta anak untuk mengeluarkan lendirnya saat hidung terasa penuh / mampet.

Demikian beberapa cara alamiah untuk mengatasi flu pada bayi, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa sebagai orang tua, jaga selalu juga kesehatan anda.

0 Response to "Mengatasi Flu Pada Bayi"

Post a Comment