Tips Menambah Kecerdasan (Bag.2)

Tips menambah kecerdasan (bag.2)

Artikel ini adalah lanjutan dari bagian 1 yang telah kita bahas beberapa waktu yang lalu. Mari kita lanjutkan dan kita kupas bersama.



6. Banyak-banyak Membaca
Hal yang satu ini tidak mengejutkan dan sering kita dengar. Membaca akan meningkatkan kecerdasan kita. Namun tidak hanya membaca, melainkan bacalah dengan cepat dan kuasai banyak materi. Coba bayangkan jika anda membaca dan menyelesaikan 1 buku dalam seminggu atau 52 buku dalam setahun. Apakah pengetahuan anda akan sama dengan orang lain yang tidak membaca satu buku pun dalam setahun? Tentu saja Berbeda. Orang yang rajin dan banyak membaca akan jauh lebih cerdas. Itu baru perbedaan dalam setahun. Coba bayangkan jika kebiasaan membaca tersebut dilakukan bertahun-tahun, Anda tentu bisa melihat perbedaan yang sangat signifikan. Maka belajarlah membaca dengan cepat dan efektif agar Anda bisa menguasai banyak hal baru setiap hari dengan cepat.

7. Jelaskan Kepada Orang Lain
Albert Einstein pernah berkata, “Jika Anda tidak bisa menjelaskan sesuatu dengan serderhana, itu berarti Anda tidak paham dengan apa yang Anda jelaskan.” Dalam proses membaca yang baik dan terstruktur dikenal proses: SQ3R, Survey, Question, Read, Recite dan Review. Tahap keempat yakni Recite berarti Anda menceritakan ulang apa-apa yang sudah Anda baca. Ini adalah proses untuk memastikan Anda memang mengerti apa yang sudah Anda baca. Karena itu, jelaskan apa-apa yang sudah Anda pelajari dan ketahui kepada orang lain. Jelaskan dengan bahasa sederhana agar mereka mengerti. Jika Anda bisa melakukannya, maka selamat. Anda orang yang punya pemahaman dan cerdas.

8. Lakukan Hal-Hal Baru Secara Acak
Kadang-kadang kita perlu untuk mencoba hal-hal baru yang mungkin terlihat tidak berhubungan dengan bidang kita saat ini. Namun bisa jadi sesuatu yang acak tersebut suatu saat menjadi berhubungan dengan hal lain yang kita punya. Siapa yang pernah menyangka ternyata Steve Jobs di masa mudanya pernah belajar tentang kaligrafi dan tipografi. Sekilas memang hal tersebut tidak berhubungan dengan bidang yang ditekuninya. Namun setelah bertahun-tahun, pengalaman pernah belajar kaligrafi dan tipografi itulah yang membuatnya mampu merancang Apple dan Mac dengan sentuhan desain yang unik dan berbeda.

9. Belajar Bahasa Baru
Untuk mempelajari bahasa baru bukanlah hal yang mudah namun juga bukan hal yang terlalu sulit. Kelebihan dari belajar bahasa baru adalah melatih cara berpikir dalam bahasa yang berbeda dari bahasa ibu Anda. Dengan demikian, Anda akan bisa belajar cara pandang berbeda, kosa kata baru dan pemaknaan yang lebih mendalam terhadap bahasa. Ada berbagai situs yang menyediakan akses belajar bahasa asing dengan gratis seperti Livemocha, Busuu dan Memrise.  

10. Sediakan Waktu Untuk Merenung dan Melakukan Refleksi
Kita selalu disibukkan dengan berbagai kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, tubuh dan pikiran juga membutuhkan waktu untuk merenung sekaligus melakukan refleksi pada pikiran dan tubuh kita. Sediakan waktu yang tenang untuk berhenti sejenak dari kesibukan. Duduk, diam, lakukan perenungan dan refleksi. Sediakan waktu untuk berpikir sejenak. Ini akan memberikan Anda ketenangan dan kesiapan mental untuk mengerjakan hal-hal baru setelahnya.

Dengan menerapkan 10 tips yang sudah kita bahas, Tips menambah kecerdasan (bag.1) dan tips menambah kecerdasan (bag.2), kita berharap bahwa kecerdasan kita dapat kita tingkatkan dengan cara-cara yang sederhana. Tidak perlu kita mengeluarkan biaya yang banyak, cukup melakukan tips-tips diatas secara rutin dan anda akan menjadi manusia yang lebih cerdas. Selamat mencoba.

0 Response to "Tips Menambah Kecerdasan (Bag.2)"

Post a Comment