Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

membersihkan telinga dengan cutton bud

Merupakan hal yang perlu kita ketahui. Karena membersihkan telinga kita dengan menggunakan kapas (cotton bud) ternyata tidak dianjurkan. Walaupun rasanya enak, namun sebenarnya membersihkan dengan cotton bud bisa membahayakan dan tidak efektif.

Faktanya, kotoran pada telinga ternyata mempunyai manfaat sebagai pelumas dan juga menjadi antibakteri dalam telinga, sehingga telinga tidak gampang terasa kering. Walaupun anda merasa membersihkan telinga sebagai gaya hidup bersih, namun para ahli telinga justru tidak sepakat.

Seorang dokter THT dan neutorologi yang berasal dari New York Head & Neck Institute di Lenox Hill Hospital, Sujana Chandrasekhar melihat bahwa beberapa pasiennya membersihkan telinganya menggunakan kapas dan terasa nyaman. Hal itu kemudian menjadi kebiasaan bagi para pasiennya. Chandrasekhar berkata "Sekali anda memulai, anda tidak akan merasa lengkap tanpa melakukannya".

Saat membersihkan telinga menggunakan cotton bud / kapas memang terasa lembut namun kenyataannya batang cotton bud dapat merobek kulit di lubang telinga hingga infeksi. Skenario terburuk adalah  bisa menusuk gendang telinga anda karena gesekan yang agresif.

"Membersihkan kotoran telinga dengan cotton bud sebenarnya mendorong kotoran itu semakin masuk ke dalam, bukan membersihkannya, " lanjutnya.

Sebenarnya kita tidak perlu membersihkan lubang telinga kita karena tubuh memiliki mekanisme membersihkan dirinya sendiri. Kulit yang melapisi lapisan telinga juga berbeda dari kulit bagian tubuh lainnya. Ada gerakan aktif pada kotoran telinga dari luar serta ke dalam dan ke luar untuk menghilangkan kotoran dan debu.

Maka mulailah sekarang untuk meninggalkan cutton bud atau kapas untuk membersihkan telinga. Jika anda merasa gatal dengan telinga anda, gunakan satu atau dua tetes minyak mineral atau baby oil untuk menyingkirkan rasa gatal tersebut. 

Cara efektif yang bisa dilakukan untuk membersihkan kotoran telinga di rumah adalah  memasukkan minyak ke dalam telinga selama 15-30 menit, lalu gunakan at-home irrigation kit (alat penyedot) untuk membersihkannnya. Hal ini direkomendasikan oleh para ahli di American Academy of Otolaryngology bagian Head and Neck Surgery.

Jika anda mengalami gatal yang terus menerus, segeralah periksakan telinga anda ke dokter THT setempat. Disana anda juga bisa membersihkan kotoran yang menyumbat telinga anda. Jika anda masih perlu membersihkan telinga, gunakan ujung jari anda, karena masih diperbolehkan.

Dari berbagai pendapat tentang ahli diatas dapat dilihat bahwa ternyata membersihkan telinga dengan cotton bud tidak dianjurkan oleh mereka. Demikian sedikit informasi bagi anda tentang "bahaya membersihkan telinga dengan cutton bud" semoga bermanfaat. Jangan lupa selalu jaga kesehatan tubuh anda.

0 Response to "Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud"

Post a Comment