Pendeteksi Kesehatan Tubuh dengan Kondisi Lidah

kondisi-lidah-sehat
Pendeteksi kesehatan tubuh dengan kondisi lidah, Kondisi lidah kita ternyata bisa menjadi sensor untuk kesehatan tubuh kita. Untuk kondisi badan sehat, ciri-cirinya adalah lidah sedikit bergelombang, merah muda, bersih dan dipenuhi papillae yakni kelenjar-kelenjar yang berbentuk bulat. Kelenjar inilah yang bisa memberikan rasa disetiap makanan yang kita makan atau sebagai indera perasa. 


Jika kondisi tubuh kita sedang tidak sehat, apa yang terjadi dengan lidah kita? 
Mengutip dari Women Health Magz, lidah memang sudah lama digunakan untuk mendeteksi kondisi tubuh seseorang yang sedang tidak sehat. Inilah salah satu alasan mengapa dokter menyuruh kita menunjukkan lidah jika kita sedang diperiksa oleh dokter tersebut.

1. Untuk lidah yang permukaan halus dan pucat.
Ini menjadi ciri khas bahwa anda sedang kekurangan B12 atau zat besi pada tubuh anda. Seperti yang diungkap Steven Lamm, MD seorang internis dan asisten profesor di NYU Langone Medical Center New York.

2. Warna lidah yang menghitam dan seperti berbulu
Kondisi ini bukan berarti pada lidah anda tumbuh rambut atau bulu, namun ini hanya untuk menggambarkan kondisi terjadinya akumulasi sekresi pada permukaan lidah sehingga permukaan kulit lidahpun berubah menjadi gelap. Ini juga berarti kebersihan mulut anda perlu dijaga.

Padahal menurut Lamm, kebersihan mulut bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Selain itu lidah berwarna gelap juga bisa menjadi tanda infeksi jamur atau penggunaan antibiotik yang tidak cocok dan masalah dengan kekebalan tubuh. Pendeteksi kesehatan tubuh dengan kondisi lidah ternyata bisa bermacam-macam jenisnya.

3. Lidah tampak Membesar dan Bengkak
Lidah yang membesar atau bengkak, menurut Lamm ini berarti anda sedang mengalami hipotiroid, tubuh anda sedang tidak memproduksi hormon tiroid yang cukup sehingga memperlambat metabolisme tubuh yang mengakibatkan anda merasa lemas karena merasa tidak berenergi.

4. Lidah Pecah-Pecah
Saat anda melihat lidah anda terdapat adanya semacam retakan atau lekukan pada permukaan lidah atau sisi lidah, maka anda mengalami gangguan autoium yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

5. Lidah berwarna Putih
Saat lidah anda tampak berwarna putih, ini juga bisa sebagai pertanda adanya jamur yang juga merupakan petunjuk bahwa sesuatu sedang terjadi dan mengganggu kemampuan bakteri alami anda dalam melawan jamur.

6. Galur Panjang di Lidah
Hati-hati jika anda melihat galur panjang di permukaan lidah anda, karena ini merupakan indikasi anda terkena penyakit menular seksual semisal sifilis.

7. Luka di Lidah
Saat terdapat luka pada lidah anda, ini mengindikasikan ada masalah dengan pencernaan anda.

Oleh karena itu kita harus selalu menjaga kesehatan tubuh kita dengan cara hidup sehat, istirahat yang cukup dan juga menjaga pola makan yang teratur serta gizi yang cukup. Kesehatan mahal harganya. Demikian sedikit pengetahuan tentang pendeteksi kesehtan tubuh dengan kondisi lidah yang mungkin bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Pendeteksi Kesehatan Tubuh dengan Kondisi Lidah"

Post a Comment