Cara Efektif Mencegah Demam Berdarah

cara-efektif-mencegah-demam-berdarah

Cara efektif mencegah demam berdarah ini ingin saya bagikan setelah saya menjenguk teman saya di rumah sakit yang terkena penyakit demam berdarah. Dan melihat fase turunnya trombosit yang dialami teman saya cukup mengkhawatirkan. Di hari ke 5 trombositnya drop sampai 29 ribu padahal untuk ukuran normal adalah lebih dari 150 ribu. Namun alhamdulillah pada saat saya menulis artikel ini teman saya sudah diijinkan pulang dari rumah sakit.


Kebanyakan penyakit demam berdarah memang menyerang anak-anak, namun saat ini semua usia bisa terkena penyakit ini. Banyak hal yang bisa lakukan untuk pencegahan yang efektif untuk penyakit demam berdarah. Yang saya bahas kali ini adalah dari faktor lingkungan, biologis dan kimia yang perlu kita perhatikan, karena awal dari penyakit ini adalah dari lingkungan yang digunakan untuk sarang nyamuk aides aegypti. Musim penghujan ini adalah musim penyebaran penyakit demam berdarah.

Adapun cara efektif mencegah demam berdarah adalah sebagai berikut

     Faktor Lingkungan
1. Menguras dan membersihkan bak kamar mandi secara rutin, maksimal 1 minggu sekali dengan pertimbangan perkembangan telur menjadi nyamuk adalah 7-10 hari. Karena jika sudah nampak ada bibit-bibit jentik setelah itu perkembangannya akan cepat. Segeralah kuras bak kamar mandi anda jika ini terjadi. 

2. Jangan lupa menutup rapat tempat penampungan air yang ada di rumah anda, misal tempayan, drum air, serta tempat penampungan lainnya agar  tidak menjadi sarang nyamuk.

3. Jangan lupa mengganti air dalam vas bunga anda, atau tempat air minum peliharaan anda secara rutin. 

4. Membersihkan tempat-tempat barang bekas yang ada disekitar anda, misal pecahan gelas, kaleng susu yang sudah tidak dipakai, dll yang memungkinkan menggenangnya air hujan sehingga berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

5. Sediakan waktu untuk membersihkan air yang tergenang di atap serta saluran pembuangannya dan juga menutup lubang-lubang pohon terutama pohon bambu dengan tanah agar tidak ada air menggenang.

Selain membersihkan dari faktor lingkungan, cara efektif mencegah demam berdarah lainnya adalah dengan cara lainnya, yaitu biologis dan kimiawi.

Cara biologis dapat kita lakukan dengan memelihara ikan cupang yang memakan jentik-jentik nyamuk, ataupun juga dapat menambahkan dengan bakteri Bt H-14 ke dalam bak kamar mandi anda.

Sedangkan cara kimiawi adalah dengan melakukan pengasapan / fogging dengan menggunakan fenthion yang berfungsi untuk mengurangi kemungkinan penularan aides aegypti sampai batas tertentu. Metode kimia lainnya dapat kita lakukan dengan menggunakan bubuk abate (temephos) pada tempat-tempat penampungan air seperti tempayan, vas bunga, kolam dan lain-lain.

Pada program pemerintah juga sudah sering digembar-gemborkan melalui berbagai media, baik cetak maupun visual cara pencegahan penyakit demam berdarah, yaitu 3 M, menutup rapat tempat penampungan air, menguras bak mandi secara teratur dan menimbun sampah-sampah yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Untuk kita sendiri dalam melindungi keluarga kita dapat dengan menggunakan kelambu pada saat tidur, menyemprot dengan insektisida atau obat nyamuk dan tindakan-tindakan lain yang berfungsi untuk mencegah penyakit demam berdarah ini.

Demikianlah artikel tentang cara efektif mencegah demam berdarah yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dalam menjaga kesehatan tubuh.

2 Responses to "Cara Efektif Mencegah Demam Berdarah"

  1. Terima kasih untuk infonya. Memang sedang wabah. Salam kenal.

    Silahkan dapatkan buku2 terbaru terbitan tahun 2015. Dan dapatkan diskonnya.

    http://www.honbookstore.com/

    Silahkan kunjungi balik dan tinggalkan jejak alias komentar.

    -Hon Book Store-

    ReplyDelete
  2. Terimakasih artikel nya sangat bbagus

    ReplyDelete