5 Cara Diet Aman Ibu Hamil

cara diet aman ibu hamil, diet ibu hamil, cara diet aman, cara diet ibu hamil

Saat yang dinantikan oleh sepasang suami istri yang baru adalah sang istri bisa segera hamil. Pada saat wanita mengalami kehamilan, umumnya berat badan akan mengalami kenaikan. Nah, kenaikan yang ideal untuk seorang wanita yang sedang hamil sampai melahirkan adalah 12-15 kg. Namun kenyataannya wanita yang sedang hamil banyak yang mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan. Diet yang aman untuk ibu hamil merupakan salah satu solusi yang bisa diterapkan untuk menjaga berat badan.


Seorang wanita yang sedang hamil memerlukan asupan makanan yang lebih daripada saat dia belum hamil. Ini karena asupan makanan yang diperlukan adalah untuk dua orang, ibu dan sang bayi. Saat hamil diet aman yang bisa dilakukan oleh ibu hamil adalah menjaga pola makan sehingga gizi bisa tercukupi dan kehamilan tetap terjaga.

Pada kehamilan tiga bulan pertama biasanya belum nampak terjadi kenaikan berat badan yang signifikan. Pada tiga bulan kedua, barulah nampak pertumbuhan berat badan yang naik secara terus menerus sampai tiga bulan terakhir yang menjadikan perut wanita semakin besar dan buncit.

Kenyataan yang terjadi saat ini, banyak wanita hamil yang kurang bisa menjaga pola makan sehingga terjadi kelebihan berat badan saat hamil. Oleh dokter, pastinya disarankan untuk melakukan diet yang aman saat hamil. Kelebihan berat badan saat kehamilan (overweight) sangat beresiko untuk ibu dan juga sang bayi. Bagi sang ibu bisa terkena hipertansi dan diabetes, sedangkan bagi sang bayi mempunyai resiko oksigen terhambat karena plasenta tidak optimal karena terhambat oleh lemak yang menumpuk. Ini bisa berakibat bayi tidak bisa tumbuh dengan sempurna saat didalam kandungan.

Berikut kami berikan 5 cara diet yang aman bagi ibu hamil yang bisa anda lakukan untuk tetap menjaga berat badan anda pada saat kehamilan,

1. Rutinlah Sarapan Pagi
Biasakanlah untuk tetap menyantap sarapan dipagi hari walaupun anda sedang hamil. Karena pada saat hamil nutrisi yang kaya sangat dibutuhkan oleh ibu dan bayi. Justru jika anda tidak / menghindari sarapan akan mengakibatkan keinginan untuk ngemil. Padahal dengan banyak ngemil justru mengakibatkan kelebihan zat-zat yang sebenarnya kita batasi. Selain itu juga jika tidak sarapan, justru akan menjadikan makan siang anda menjadi lebih banyak karena lebih lapar, sehingga itu dapat merusak diet sehat anda. Ada juga ibu hamil yang jika tidak sarapan justru bisa menimbulkan rasa lemas dan mual-mual dalam beraktivitas. Untuk menjaga stamina pada saat beraktivitas juga diperlukan sarapan yang cukup setiap hari. Jangan sampai anda atau keluarga anda kecapekan pada saat hamil dan mengalami flek yang berbahaya bagi sang bayi dan ibu.

2. Perbanyak Makanan Berserat
Untuk anda para ibu hamil, kurangilah makanan yang mengandung manis dan berlemak serta perbanyak makanan yang mengandung serat. Perbanyaklah makanan sayur dan buah karena itu merupakan sumber dari makanan yang berserat. Makanan yang berserat mempunyai fungsi untuk melancarkan pencernaan sehingga pada kondisi ibu hamil bisa lebih tenang dan tidak terganggu pencernaan yang berakibat pada susah buang air besar.

3. Minumlah Air Putih 8 Gelas Setiap Hari
Cukupilah kebutuhan air dalam tubuh dengan meminum air putih setiap hari sebanyak 8 gelas. Karena dengan meminum air 8 gelas sehari dapat menghindarkan anda dari rasa lapar. Jika anda muncul rasa lapar diantara jam makan, anda bisa meminum air putih untuk mengatasi rasa lapar tersebut.

4. Makanan Kukus atau Rebus
Dengan mengkonsumsi makanan yang dikukus atau direbus bisa mengurangi makanan yang dimasak dengan cara digoreng. Karena makanan yang digoreng dengan minyak merupakan sumber lemak jenuh yang bisa berakibat menambah berat badan anda yang sedang hamil. Banyak makanan yang enak ketika dimasak dengan cara dikukus, misalnya pepes ikan, pepes tahu, pepes ayam, dll.

5. Buat Daftar Menu Diet Anda
Untuk mempermudah anda menjaga berat badan pada saat hamil, buatlah menu makan harian yang bisa anda rancang untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi secara maksimal. Dengan perencanaan menu yang matang, maka anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Anda dapat menempelkan menu diet anda pada pintu kulkas atau dipintu lemari makan anda.

Demikianlah 5 cara diet aman untuk ibu hamil yang bisa saya sampaikan kali ini. Semoga dapat bemanfaat dan bisa menjadi wacana tambahan untuk selalu menjaga kesehatan anda.

0 Response to "5 Cara Diet Aman Ibu Hamil"

Post a Comment