Apa Saja Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil?

menu makanan sehat ibu hamil, menu sehat, menu ibu hamil
menu-sehat-ibu-hamil

Membahas tentang segala sesuatu tentang kehamilan merupakan topik yang sangat menarik bagi kita. Pada artikel yang lalu saya juga sudah membahas tentang flek pada saat kehamilan dan juga 5 cara diet aman untuk ibu hamil. Sekarang ini saya ingin menambah wawasan anda tentang menu sehat untuk ibu hamil.


Seringkali anda saat sedang diberi anugerah berupa kehamilan merasa bingung dan menebak-nebak konsumsi makanan apa yang terbaik atau bahkan yang sebaiknya dihindari pada saat sedang hamil. Namun kebingungan yang terjadi selama kehamilan adalah tidak lain bertujuan untuk menjaga kesehatan ibu dan calon anak supaya mendapatkan asupan makanan yang tepat dan bergizi.

Selain itu gangguan pada tri semester pertama misalnya muntah, mual dan kurang nafsu makan bisa membuat asupan yang diperlukan tubuh menjadi berkurang sehingga diperlukan menu yang tepat untuk ibu hamil. Asupan makanan yang diperlukan ibu hamil sangat penting untuk menunjang perkembangan janin yang ada dalam kandungan, misalnya kebutuhan vitamin dan juga mineral.

Dalam memilih menu sehat untuk ibu hamil yang diperlukan adalah kualitas yang terbaik bukan kuantitas yang banyak namun tidak mencukupi gizi yang diperlukan. Kesehatan ibu dan bayi perlu dijaga dengan memberikan asupan makanan yang berkualitas dan menunjang kebutuhan gizi.

Berikut kami coba berikan wawasan tentang menu sehat untuk ibu hamil,

1. Sereal
Sereal merupakan salah satu alternatif yang bisa disantap oleh ibu hamil karena menjadi alternatif jika ibu hamil sedang mengalami mual, muntah dan kehilangan nafsu makan. Sereal ini pun memiliki rasa yang bermacam-macam sehingga bisa dicocokkan dengan selera kita.

2. Susu
Kandungan susu yang dikonsumsi ibu hamil bermanfaat untuk pertumbuhan bayi. Susu ibu hamil juga dapat menjadi alternatif tambahan gizi bagi ibu hamil yang mengalami morning sick, mual, muntah dan kehilangan nafsu makan. Susu juga mempunyai rasa yang bermacam-macam, misalnya coklat, strobery, moca, dll. Tinggal kita memilih rasa yang pas dengan diri kita.

3. Buah dan Sayur
Dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran dapat mencukupi asupan gizi yang diperlukan ibu hamil. Buah dan sayur merupakan juga komponen dalam menunjang 4 sehat 5 sempurna. Untuk buah-buahan kita dapat menikmatinya dengan membuat buah tersebut menjadi Jus. Misalnya, pada jus jeruk kandungan Vitamin C nya dapat menambah kekebalan tubuh ibu hamil dan juga melawan infeksi. Sayur-sayuran juga dapat menjadi sumber gizi yang diperlukan untuk ibu hamil dan calon bayi.

4. Ikan
Ikan banyak mengandung protein dan omega 3 yang dapat membantu pembentukan otak janin. Namun kita juga perlu berhati-hati dalam memilih jenis ikan yang akan dikonsumsi karena kandungan merkuri ikan tertentu dapat juga mengganggu perkembangan janin. Hindari mengkonsumsi ikan mentah karena mengandung banyak lemak jenuh yang tidak baik bagi kesehatan tubuh untuk ibu hamil maupun calon bayi.

5. Kacang-kacangan
Jenis kacang-kacangan perlu dikonsumsi oleh ibu hamil karena berfungsi untuk pengembangan sistem saraf pada janin. Misalnya kacang hijau mengandung asam folat dan vitamin B yang berguna untuk menunjang asupan gizi untuk ibu hamil. Selain itu kacang-kacangan juga dapat menjadi sumber energi untuk aktivitas ibu hamil dan menambah kekebalan tubuh untuk ibu hamil.

6. Air dan Vitamin
Perbanyak minum air atau cukupilah kebutuhan air dalam tubuh. Karena ibu hamil yang mengalami muntah-muntah tentu memerlukan air lebih banyak untuk mengganti cairan yang keluar agar tidak terjadi dehidrasi. Selain itu ibu hamil juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin dengan mengkonsumsi sari buah tanpa gula yang banyak tersedia dipasaran.

Berikut kami coba berikan beberapa contoh menu dengan gizi yang cukup untuk ibu hamil,
Sarapan                                             Siang                                                 Malam
- Jus Buah                                          - Nasi                                                 - Nasi
- Nasi Goreng                                    - Sayur Bening                                    - Bistik
- Telor Mata Sapi                               - Ikan Bumbu Kuning                          - Bakwan Jagung
- Susu Kehamilan                               - Tempe Goreng                                  - Selada Buah
                                                          - Buah Jeruk                                       - Susu

Demikian wacana yang bisa kami sampaikan untuk menu sehat ibu hamil, semoga bermanfaat. Dan untuk menu bisa anda kombinasikan sendiri sesuai selera anda.

0 Response to "Apa Saja Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil?"

Post a Comment