Apa Saja Pantangan Ibu Hamil? Berikut Tipsnya

pantangan ibu hamil, pantangan untuk ibu hamil, larangan ibu hamil
pantangan-ibu-hamil

Tiap orang mempunyai kebiasaan sendiri-sendiri. Kadang-kadang ada yang unik dan tidak terduga. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah beberapa pantangan yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Memang pantangan ibu hamil tidak semua merupakan suatu kebiasaan, namun ada juga hal yang sudah menjadi kebiasaan namun sulit ditinggalkan walaupun itu sedang dalam keadaan hamil.

Kehamilan sendiri merupakan suatu anugrah dari Yang Maha Kuasa kepada kita untuk menjaga dan memberikan asupan yang cukup agar gizi dan kebutuhan jabang bayi terpenuhi. Namun seringkali saat ibu hamil mengalami masalah-masalah pekerjaan, atau sehari-hari dapat menyebabkan psikologis yang tidak baik bagi ibu dan bayi.

Adapun pantangan ibu hamil yang akan kami sampaikan dibawah ini adalah

1. Merokok
Merokok merupakan suatu kebiasaan pada seseorang yang sulit dihilangkan. Beberapa orang disekitar ada yang pernah beberapa kali mencoba meninggalkan rokok, namun tidak bertahan lama dan akhirnya kembali ke rokok. Sedangkan pada ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk merokok baik secara aktif maupun pasif. Kadang ada ibu-ibu yang setiap BAB menggunakan rokok sebagai alternatif penghilang bau tidak sedap pada saat BAB. Namun untuk menjaga kesehatan bayi, sebaiknya ibu hamil meninggalkan kebiasaan merokok untuk beberapa waktu. Ini dapat diakali dengan cara mengkonsumsi permen mint untuk mengurangi rasa ingin merokok. Efek dari merokok cukup berbahaya bagi ibu hamil, bahkan bisa terjadi kelahiran prematur pada bayi atau bahkan bisa terjadi keguguran.

2. Alkohol
Pada beberapa Negara di luar negeri alkohol merupakan barang yang legal dan diperbolehkan. Maka banyak juga diantara para wanita / gadis disana suka mengkonsumsi alkohol. Namun ketika sedang berada pada posisi hamil, ini sangat tidak disarankan oleh para ahli. Konsumsi alkohol harus dikurangi demi menjaga kelangsungan perkembangan bayi dan juga untuk ibu hamil sendiri. Fetal Alcohol Syndrome / sindroma bahaya alkohol sangat berbahaya terhadap janin, bisa mengakibatkan keterbelakangan mental, cacat bawaan, gagal organ, dll.

3. Minum Obat Sembarangan
Kebiasaan kita jika terkena flu, batuk atau hanya sekedar demam adalah membeli obat eceran yang ada di apotek terdekat. Namun saat ibu hamil sedang mengalami flu, batuk, diare ataupun penyakit yang lain, janganlah sembarangan mengkonsumsi obat. Segeralah datang ke bidan atau dokter kandungan anda untuk menyampaikan keluhan yang anda rasakan agar segera mendapatkan obat yang sesuai dan tidak berakibat negatif untuk jabang bayi.

4. Stres
Saat ibu hamil mengalami kelelahan pada saat mengerjakan rutinitas sehari-hari, maka stres dapat menghampiri ibu hamil. Stres dapat mengakibatkan ibu hamil susah tidur, kepala pusing, dll. Oleh karena itu ibu hamil harus dapat memanejemen pola hidup yang sehat agar tidak terjadi stres yang bisa mengakibatkan gangguan pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Stres dapat menghambat aliran darah ke plasenta. Oleh karena itu peran suami juga sangat penting disini untuk dapat memberikan ketenangan terhadap Istri yang sedang hamil.

5. Mandi Air Panas lebih dari 35°C
Untuk para ibu hamil tidak disarankan mandi atau berendam air yang panasnya lebih dari 35°C karena dapat memicu kontraksi pada kehamilan. Memang untuk membuat tubuh menjadi relax salah satu cara adalah dengan berendam dengan air hangat, namun untuk airnya jangan terlalu panas.

6. Membersihkan Kotoran Hewan
Semua orang mempunyai kesenangan dalam hal berteman dengan hewan. Seorang wanitapun bisa menyukai hewan-hewan tertentu. Namun pada masa kehamilan tidak disarankan membersihkan membersihkan hewan peliharaan sendiri. Karena dikhawatirkan terkena virus toksoplasmosis. Parasit ini bisa menyebabkan keguguran, cacat dan juga rusak organ pada bayi.

Kita semua pasti menginginkan kehamilan yang sehat dan pada waktunya hari kelahiran semua bisa berjalan dengan lancar, ibu sehat bayi selamat. Oleh karena itu semoga sedikit wawasan yang saya sampaikan tentang pantangan ibu hamil ini bisa bermanfaat untuk abadi. Baca juga 5 cara diet sehat untuk ibu hamil.

0 Response to "Apa Saja Pantangan Ibu Hamil? Berikut Tipsnya"

Post a Comment