ASI Eksklusif Pilihan Terbaik

ASI-eksklusif

ASI eksklusif pilihan terbaik untuk ibu dan bayi yang masih berusia 0-6 bulan. Untuk mengandung dan melahirkan seorang bayi, butuh perjuangan yang panjang dan hebat. Mulai dari ketika hamil, kemudian mengalami mual-mual, badan lemas, sering muntah-muntah merupakan hal yang biasa untuk seorang ibu hamil.

Kemudian ketika proses kelahiran bayi, seorang ibu butuh perjuangan yang hebat disana. Bahkan seorang ibu rela mempertaruhkan hidupnya untuk melahirkan sang bayi ke dunia ini. Bahkan istri dari sahabat sayapun akhirnya harus kembali ke pangkuan Allah setelah 2 hari melahirkan bayi laki-lakinya. Namun itulah kodrat sebagai seorang wanita. Karena itu "Surga berada dibawah telapak kaki ibu".


Nah, ketika proses mengandung dan melahirkan telah dilewati, sekarang adalah saatnya seorang ibu melanjutkan perjuangannya untuk memberikan ASI eksklusif kepada sang bayi. Tentu hal ini juga membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Ketika pertama kali bayi dilahirkan, lidahnya masih sangat kasar, dan ketika sang bayi menghisap ASI tentu sang ibu akan merasakan perih yang luar biasa.

Ini juga dialami oleh istri saya ketika berusaha memberikan ASI eksklusif kepada buah hati kami yang pertama. Saat itu masih belum terbiasa karena itu adalah anak pertama dan belum punya pengalaman. Keringat nampak mengucur dari kepala istri saya karena berusaha memberikan ASI kepada sang bayi, sambil menahan perih karena lidah bayi yang masih kasar.

Selain itu, seorang bayi tentu belum terbiasa menghisap ASI secara langsung, sehingga butuh proses dan waktu untuk menjadi biasa. Untuk merangsang derasnya ASI yang sang ibu bisa mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung kacang-kacangan (protein), selain itu bisa juga meminum jamu wejah. Setiap hari ketika itu saya selalu ke pasar untuk memberi sebotol jamu wejah untuk diminum istri saya. Dan alhamdulillah dengan telaten kami berusaha memberikan ASI eksklusif kepada anak pertama kami tersebut.Anak kami tersebut bisa mengkonsumsi ASI dari ibunya sampai usia 22 bulan sebelum akhirnya di "sapeh".

ASI eksklusif memang tidak boleh dicampur dengan makanan apapun selama 6 bulan, baru setelah 6 bulan bayi bisa diperkenalkan dengan makanan lain yang lembut. Selain itu bayi juga mulai bisa dikenalkan dengan buah-buahan. 

Namun fenomena saat ini yang terjadi adalah pada saat bayi sudah habis diberikan ASI, seringkali bayi masih menangis / rewel. Karena ketidaktahuan kita, seringkali kita menganggap bahwa bayi kita masih belum kenyang karena ASI tidak bisa mencukupi kebutuhan sang bayi. Sehingga diberilah makanan tambahan berupa pisang atau bubur yang bertujuan untuk membuat bayi kenyang (menurut si orang tua). Padahal kenyataanya banyak bayi yang mengalami sembelit, susah BAB atau ususnya terluka karena belum siap menerima makanan selain ASI. 

ASI mempunyai semua kandungan yang dibutuhkan oleh bayi, mulai dari karbohidrat, vitamin, mineral, protein, dll. Karena ASI merupakan ciptaan Allah dan bukan ciptaan pabrik atau manusia. Marilah kita bersama-sama menggalang para ibu-ibu baru agar bersemangat dalam memberikan ASI eksklusif. 

Karena dengan ASI eksklusif bayi mempunyai kedekatan juga dengan seorang ibu, karena dengan bayi berada dalam pangkuan ibu sambil meminum ASI maka secara psikologis akan membentuk hubungan batin yang sangat dalam antara ibu dan bayi. Dan hal tersebut akan terasa sampai sang bayi tumbuh menjadi anak-anak dan dewasa. Bayi yang mengkonsumsi ASI eksklusif akan mempunyai kekebalan tubuh, tidak mudah terkena flu sehingga lebih baik dibandingkan dengan bayi yang diberikan konsumsi susu formula. Salam ASI eksklusif.

0 Response to "ASI Eksklusif Pilihan Terbaik"

Post a Comment