Obat Maag Untuk Ibu Hamil

obat maag, ibu hamil, ibu hamil maag
obat-maag-untuk-ibu-hamil

Setelah pada artikel yang lalu kita membahas obat flu untuk ibu hamil, sekarang kita akan lebih memperdalam lagi tentang ibu hamil, yaitu tentang obat maag untuk ibu hamil. Saat seorang wanita berbadan dua alias hamil, maka banyak perubahan yang terjadi didalam tubuh. Namun kesehatan tubuh seorang ibu hamil harus tetap diperhatikan dengan baik.


Gejala yang umum terjadi pada trisemester pertama adalah menurunnya secara drastis nafsu makan, kemudian mual dan muntah-muntah. Ini terjadi dikarenakan hormon progesterone yang dihasilkan meningkatkan asam lambung. Hal ini yang membuat jadi males makan dan efeknya perut banyak sekali dalam keadaan kosong.

Kadangkala tidak semua orang hamil terkena penyakit maag namun ada juga yang merupakan bakat, sudah ada sebelum mengandung sang jabang bayi. Sehingga pada saat kehamilan penyakit maag nya menjadi bertambah parah karena pola makan dan pola tidur yang tidak sehat.

Jika pola hidup ibu hamil bagus dan teratur, maka penyakit maag yang di dalam tubuh bisa tidak muncul. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk biaya obat dan konsultiasi pada dokter ataupun bidah.

Berikut kami sampaikan tips obat maag ibu hamil jika mengalami gejala awal sakit maag,

1. Pada saat malam hari, sebelum tidur minumlah segelas susu. Untuk jenis susu bisa disesuaikan dengan selera dan rasa yang diinginkan. Susu ini diminum langsung sebelum tidur. Hal ini kenapa dilakukan, karena ternyata fungsi susu tersebut bisa membantu menetralkan asam lambung yang diproduksi saat kita sedang tertidur pulas.

2. Kemudian pada saat bangun pagi, segeralah minum segelas air putih hangat. Nikmati pagi hari dengan santai dan jangan buru-buru makan yang berat-berat, seperti nasi yang ternyata bisa memicu produksi asam lambung. Dengan tidak makanan yang memicu munculnya asam lambung, maka meminimalis serangan maag. Cara ini membantu menetralkan asam lambung.

Pada saat ibu hamil memang dalam keadaan emergency, maka carilah obat maag yang hanya untuk menetralkan asam lambung terlebih dahulu. Biasanya obat tersebut adalah golongan antasida yang mempunyai fungsi menetralkan asam lambung. Ingat hanya yang antasida jangan yang kombinasi, karena jika kita tidak hati-hati dalam memilih obat, yang kita takutkan adalah dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan janin. 

Saran saya, konsultasikan terlebih dahulu kepada bidan atau dokter kandungan anda dahulu, ceritakan riwayat tentang maag yang anda alami. Selanjutnya biar bidan / dokter kandungan anda yang memberikan resep yang tepat untuk ibu hamil jika nanti pada suatu saat (emergency time) terdapat serangan maag akut.

Demikian beberapa alternatif untuk menangani gangguan maag pada ibu hamil, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Baca juga obat diare untuk ibu hamil.

1 Response to "Obat Maag Untuk Ibu Hamil"

  1. Obat mag yang hanya menetralkan asam lambung itu seperti Alumunium Hidroksida dan Magnesium Hidroksida . Usahakan hindari obat mag yang berdaya kuat seperti Ranitidin , Famotidin , dan lain lain .

    ReplyDelete