Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja

menjaga kesehatan mata, mata sehat saat bekerja
cara-menjaga-kesehatan-mata-saat-bekerja

Cara menjaga kesehatan mata saat bekerja perlu kita lakukan. Karena semakin bertambah usia, semakin berkurang kesehatan mata kita. Ada yang kena katarak, rabun jauh, rabun dekat, dll.

Seringkali saat kita bekerja, terutama anda yang mendapati bagian yang setiap hari berkutat dengan komputer. Bayangkan berapa jam setiap hari mata anda harus berinteraksi dengan layar monitor.


Kalau setiap hari kurang lebih 7 jam bayangkan jika anda tiba di usia pensiun sampai 55 tahun. Pastinya mata kita perlu kita jaga kesehatannya.

Salah satu tips yang pernah saya dapatkan dari dokter spesialis mata di daerah saya ini adalah dengan mengistirahatkan mata kita dari memandang layar monitor selama 4-5 menit setiap setengah jam atau 1 jam sekali. Mungkin kita dapat memanfaatkan waktu-waktu itu dengan berjalan-jalan disekitar ruang kerja anda.

Dengan mengistirahatkan mata kita untuk beberapa saat tersebut dapat mengurangi ketegangan otot-otot mata. Sehingga mata kita bisa lebih sehat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Selain itu dengan menjaga jarak pandang dengan monitor komputer juga merupakan salah satu cara untuk lebih menjaga kesehatan mata. Jarak minimal dengan komputer adalah sekitar 35-60 cm. Karena jika kurang dari 35 cm mata kita akan lebih tegang dan cepat lelah, sehingga otot-otot mata lebih berkontraksi. Jarak pandang yang terlalu pendek juga dapat menyebabkan cidera pada leher dan tulang belakang (seperti pada gambar).

Oleh karena itu baiknya kita selalu menjaga kesehatan mata kita dengan tidak meninggalkan hal-hal yang kecil seperti diatas. Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin A juga dapat menunjang kesehatan mata kita saat lelah bekerja seharian.

Demikian artikel kami tentang cara menjaga kesehatan mata saat bekerja, semoga dapat menambah wawasan anda dan bisa anda terapkan ketika anda bekerja.

1 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja"

  1. makasih mas infonya, sangat bermanfaat sekali.

    http://hakikatbisnis.blogspot.com/

    ReplyDelete