Cara Tepat Mencegah Bayi Dehidrasi

bayi dehidrasi, cara tepat
cara-mencegah-bayi-dehidrasi

Bayi merupakan harta yang sangat tak ternilai yang dititipkan Tuhan kepada kita para orang tua. Jadi kita sebagai orang tua harus teliti dalam memberikan makanan ataupun sentuhan kasih sayang terhadap bayi. Seorang bayi pasti juga mengalami adaptasi terhadap dunia pada saat dia dilahirkan di dunia. Mulai dari udara, sinar, suara dan juga pencernaannya.


Pencernaan bayi sangat sensitif terhadap zat-zat yang berasal dari makanan ataupun asupan susunya. Pengalaman yang berharga yang baru saya alami adalah anak saya yang kecil mengalami dehidrasi sehingga harus opname di rumah sakit selama 2 hari.

Berawal dari demam yang dialami anak saya tersebut, kemudian muncul batuk dan pilek. Ketika batuk sampai "mekekelen" maka yang terjadi adalah muntah-muntah. Ini berlangsung selama 1 minggu, dan ternyata dalam 1 minggu itu kami hanya memberikan ASI dan stop semua makanan. Dan karena perncernaannya ada yang luka maka ASI pun tidak dapat di cerna dan dimuntahkan kembali. Ini juga diikuti panas yang tinggi ketika bayi mulai mengalami dehidrasi.

Tips dari dokter sebenarnya adalah dengan memberikan 3 cairan yang bisa mengurangi gejala muntah. 3 cairan tersebut adalah Pocari Sweat, Air Putih dan Teh Manis. Dan ketika 3 cairan ini diberikan kepada bayi maka semua susu dan makanan harus di STOP untuk menghindari luka pada usus yang lebih banyak.

Konsumsi 3 cairan ini selama sekitar 3 hari, jika tidak ada kendala (bayi tidak muntah) maka anda dapat mulai mencoba memberikan ASI atau makanan yang tidak mengandung susu lactosa sedikit demi sedikit. Namun jika dalam 3 hari bayi anda masih mengalami muntah-muntah, kemudian mata tampak cekung dan nampak lemas, dan demam yang tinggi segeralah ke dokter atau rumah sakit terdekat. Jika cairan tidak bisa dimasukkan lewat mulut, tentunya tidak ada jalan lain selain memasukkan cairan ke dalam tubuh menggunakan infus.

Semoga bayi anda tidak mengalami dehidrasi, dan anda lebih teliti dalam memberikan asupan makanan dan gizi yang bermanfaat untuk bayi anda. Demikian artikel tentang cara mengantisipasi bayi dehidrasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat. Salam kesehatan tubuh.

0 Response to "Cara Tepat Mencegah Bayi Dehidrasi"

Post a Comment

Label

agar melahirkan tidak sakit air minum air putih air susu ibu akibat darah rendah alpukat alternatif anak anak cerdas anak sehat anak tinggi anak tumbuh tinggi anak-anak asam urat asi asi banyak asi melimpah Badan Gemuk badan sehat bahaya baik bawang bawang merah bayi Bayi dan Anak bayi pijat bekas luka berat badan berat badan ideal bermain bisul Buah-buahan buta Cacingan Cantik cantk cara cara hamil anak pintar cara mencegah cara mengatasi cara mengatasi nyeri cara mengatasi susah tidur cara menjaga cara sehat cemilan cemilan sehat Cerdas contoh cemilan sehat di luar rumah diabetes diare dimensia eklamsia gaya hidup gejala gemuk Gigi ginjal glukosa glukosa darah hamil hati sehat hidup sehat hipertensi hypertensi Ibu Hamil ibu hamil pre-eklamsia imun tubuh insomnia jantung kanker kebiasaan hidup kebutaan Kecantikan kedondong kelebihan berat badan kesehatan kesehatan anak Kesehatan Gigi Kesehatan Gusi kesehatan jiwa Kesehatan Mata Kesehatan Tubuh Kesehatan Wanita kolesterol kolesterol jahat kudis Kulit lansia lemah baik lemak jahat luka makan manis makan teratur Makanan makanan berwarna warni makanan pembersih hati Makanan sehat malam hari mandi mandi malam manfaat masalah ibu hamil mata minus mata sehat melahirkan memantau menangis mencegah mencegah serangan jantung mengatasi mengurangi rasa sakit menjaga kebugaran menurunkan menyehatkan minum Minyak Ikan nyeri nyeri sendi Obat Alami obat kanker obesitas olahraga opini orang dewasa Organ Tubuh payudara pengalaman penyakit penyakit darah rendah penyakit gula penyebab Penyebab Penyakit pijat bayi pikun pola tidur porsi pas pre-eklamsia Protein Radang Sendi Rambut rematik saat hamil saat melahirkan Sakit Kepala sakit rematik sayur sehat sembelit sendi serangan jantung serviks sinar matahari Stroke susah tidur Susu tekanan darah tekanan darah rendah tekanan darah tinggi terbaik tidak kurang tidak lebih tingkat glukosa tipe diabetes Tips tips asi tips asi melimpahibu hamil tips hamil tips ibu hamil tips kebugaran tips menjaga kesehatan mata tips sehat Tomcat tubuh tubuh sehat Tumbuhan turun turun berat badan virus wacana Wajah wanita waspada