Kenali Gejala Kanker Serviks

gejala kanker seviks,gejala kanker
Gejala-kanker-serviks

Jika pada waktu yang lalu kita sudah membahas tentang berbagai tips untuk ibu hamil, maka saat ini kita akan membahas tentang gejala kanker serviks. Kesehatan wanita merupakan hal yang pastinya dijaga oleh setiap wanita. Apalagi berhubungan dengan organ intim yang selalu dijaga kesehatannya. Banyak penyakit yang mungkin muncul jika para wanita tidak dapat menjaga organ intimnya dengan baik.


Kanker Serviks merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang berbahaya, terutama bagi para wanita. Penyebab utama penyakit ini adalah Human Papiloma Virus (HPV)  atau yang disebut juga virus papiloma manusia. Rata-rata penyakit ini ditemukan pada 77% perempuan yang terkena virus HIV-positif. Bagi anda para wanita, harus tetap waspada karena di Indonesia sudah ada sekitar 40 wanita per hari yang terkena dan sebagian wanita tersebut tidak dapat diobati / meninggal.

Seorang wanita dapat mengetahui gejala awal dengan melakukan tes pap jika sudah berusia sekitar 21 tahun. Dan untuk selanjutnya dilakukan secara bertahap setiap tiga tahun sekali untuk melakukan evaluasi. Untuk usia 30 tahun juga dapat dilakukan tes HPV sampai usia 65 tahun.

Adapun gejala-gejala yang mengarah pada terinfeksinya virus HPV adalah

1. Keputihan yang Cukup Serius
Keputihan merupakan keluarnya cairan selain darah dari kewanitaan dalam jumlah banyak. Kejadian ini merupakan hal yang wajar bagi seorang wanita. Namun anda tetap harus waspada jika ada ciri-ciri keputihan yang seperti ini, jumlah yang keluar terlalu banyak, cairan berubah menjadi kental, berbau tidak sedap dan warna tidak normal (kuning, hijau, coklat) serta timbul rasa panas  dan gatal pada area organ intim. Nah, jika anda mengalami hal ini, segeralah periksakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

2. Pendarahan
Wanita menganggap darah yang keluar dari area kewanitaan merupakan siklus menstruasi. Namun jika hal ini berlangsung secara-terus menerus anda harus waspada akan hal ini dan segera periksakan ke dokter. Bisa jadi ini merupakan gejala dari kanker serviks.

3. Sakit pada Organ Kewanitaan
Pada organ kewanitaan yang sakit disebabkan oleh virus HPV yang telah berkembang dan mengganggu imunitas tubuh sehingga berakibat perut bagian bawah terasa sakit dan nyeri. Biasanya muncul sakit pada bagian paha, sakit pada persendian pada saat menstruasi dan juga pada saat buang air besar serta pada saat berhubungan badan terasa sakit.

4. Nyeri Buang Air Kecil
Virus yang telah menginfeksi kantung kemih mengakibatkan penderita mengalami rasa sakit saat buang air kecil adalah juga merupakan gejala awal dari kanker serviks.

5. Sakit dan Pendarahan saat Berhubungan Seks
Wanita yang sering berganti pasangan dalam berhubungan seks mempunyai resiko tinggi terkena kanker serviks. Pada saat berhubungan seks jika terasa sakit dan terjadi pendarahan berarti terdapat infeksi pada leher rahim yang telah parah.

6. Bengkak Pada Kaki
Pada saat anda mengalami bengkak pada kaki yang tidak ada sebabnya, waspadailah mungkin itu salah satu dari gejala awal dari kanker serviks. Segeralah periksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat.

7. Cepat Lelah
Virus HPV yang telah menginfeksi tubuh bisa menyebabkan badan cepat terasa lelah tanpa sebab. Hal tersebut pasti akan mengganggu waktu anda yang sangat berharga.

8. Nafsu Makan Menurun
Nafsu makan yang menurun menyebabkan imunitas dan kekebalan tubuh menurun. Sehingga menyebabkan terjadinya stres, cemas berlebih, dan mengganggu kehidupan anda. Selain itu merupakan gejala awal terjadinya kanker serviks.

Demikianlah hal-hal yang perlu anda perhatikan karena merupakan gejala awal dari kanker serviks. Semoga bisa menambah wawasan anda dan lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan kewanitaan anda.

0 Response to "Kenali Gejala Kanker Serviks"

Post a Comment

Label

agar melahirkan tidak sakit air minum air putih air susu ibu akibat darah rendah alpukat alternatif anak anak cerdas anak sehat anak tinggi anak tumbuh tinggi anak-anak asam urat asi asi banyak asi melimpah Badan Gemuk badan sehat bahaya baik bawang bawang merah bayi Bayi dan Anak bayi pijat bekas luka berat badan berat badan ideal bermain bisul Buah-buahan buta Cacingan Cantik cantk cara cara hamil anak pintar cara mencegah cara mengatasi cara mengatasi nyeri cara mengatasi susah tidur cara menjaga cara sehat cemilan cemilan sehat Cerdas contoh cemilan sehat di luar rumah diabetes diare dimensia eklamsia gaya hidup gejala gemuk Gigi ginjal glukosa glukosa darah hamil hati sehat hidup sehat hipertensi hypertensi Ibu Hamil ibu hamil pre-eklamsia imun tubuh insomnia jantung kanker kebiasaan hidup kebutaan Kecantikan kedondong kelebihan berat badan kesehatan kesehatan anak Kesehatan Gigi Kesehatan Gusi kesehatan jiwa Kesehatan Mata Kesehatan Tubuh Kesehatan Wanita kolesterol kolesterol jahat kudis Kulit lansia lemah baik lemak jahat luka makan manis makan teratur Makanan makanan berwarna warni makanan pembersih hati Makanan sehat malam hari mandi mandi malam manfaat masalah ibu hamil mata minus mata sehat melahirkan memantau menangis mencegah mencegah serangan jantung mengatasi mengurangi rasa sakit menjaga kebugaran menurunkan menyehatkan minum Minyak Ikan nyeri nyeri sendi Obat Alami obat kanker obesitas olahraga opini orang dewasa Organ Tubuh payudara pengalaman penyakit penyakit darah rendah penyakit gula penyebab Penyebab Penyakit pijat bayi pikun pola tidur porsi pas pre-eklamsia Protein Radang Sendi Rambut rematik saat hamil saat melahirkan Sakit Kepala sakit rematik sayur sehat sembelit sendi serangan jantung serviks sinar matahari Stroke susah tidur Susu tekanan darah tekanan darah rendah tekanan darah tinggi terbaik tidak kurang tidak lebih tingkat glukosa tipe diabetes Tips tips asi tips asi melimpahibu hamil tips hamil tips ibu hamil tips kebugaran tips menjaga kesehatan mata tips sehat Tomcat tubuh tubuh sehat Tumbuhan turun turun berat badan virus wacana Wajah wanita waspada