Obat Batuk Alami Untuk Anak



obat batuk anak, obat alami batuk, obat batuk alami
obat-batuk-alami-untuk-anak


Obat batuk anak secara herbal merupakan hal yang bisa dijadikan alternatif kita sebagai orang tua. Tentunya kita inginnya melihat anak-anak kita selalu ceria dan sehat. Namun tidak bisa kita pungkiri juga bahwa setiap anak pasti juga pernah terkena penyakit, misal flu, batuk, demam, dll.


Untuk mengatasi sakit anak seperti batuk, tidak perlu selamanya menggunakan bahan-bahan kimia atau obat. Namun secara herbal kita juga bisa meramu sendiri obat herbal untuk meredakan batuk anak kita. Dahulu sebelum bahan kimia berkembang seperti sekarang ini, orang-orang jaman dulu membuat obat herbal untuk segala jenis penyakit.

Tapi untuk kali ini kita akan membahas tentang obat herbal yang digunakan untuk meredakan penyakit batuk pada anak-anak, karena obat herbal lebih aman dikonsumsi anak-anak dan tidak mempunyai efek samping. 

1.       Jahe dan Kencur 
Untuk anak berumur 1 tahun dapat kita buatkan ramuan berupa jahe dan kencur 1 cm, kemudian kita hancurkan dan kita rebus. Campur dengan 1 gelas air dan rebus sampai airnya tersisa ½ gelas. Setelah itu tambahkan lagi 1 buah jeruk nipis dan 1 sendok makan madu. Aduklah semuanya hingga air tidak terlalu panas atau kondisi hangat. Obat herbal ini jika untuk anak kita terasa kurang manis karena seperti jamu, dapat kita tambahkan gula pasir untuk membuat rasa manis pada ramuan tersebut.

2.       Jeruk Nipis
Obat herbal lain untuk obat batuk anak adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Obat batuk ini sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk orang tua, namun juga dapat dipergunakan untuk pereda batuk anak-anak.
Untuk ramuan herbal yang satu ini juga cukup mudah kita buat. Siapkan 3 sendok makan perasan jeruk nipis dan 3 sendok makan madu serta air matang sebanyak 5 sendok makan. Kemudian dari ketiga bahan tersebut kita tim selama kurang lebih 30 menit. Hasilnya dapat kita berikan untuk anak yang baru sakit batuk. Untuk anak umur 1 tahun dapat diminumkan ½ sendok teh sebanyak 2x sehari. Sedangkan untuk anak umur 2 tahun adalah 1 sendok teh sebanyak 2x sehari.

3.       Kencur 
Sedangkan untuk khasiat kencur banyak untuk kesehatan tubuh. Salah satunya untuk mengobati batuk pada anak-anak. Namun baiknya untuk obat herbal ini diberikan pada anak yang telah berusia minimal 2 tahun agar lebih aman dalam hubungan dengan pencernaannya.
Untuk membuatnya, siapkan 5 gr kencur kemudian cuci sampai bersih. Lalu parut ditambah dengan 2 sendok makan air putih (matang) dan aduk hingga rata. Tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk kembali hingga rata. Ramuan ini dapat diberikan kepada anak > 2 tahun dengan takaran 2-3x dalam 1 hari.

Demikian sedikit informasi tentang obat batuk anak secara alami yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda dalam mengarungi hidup agar lebih sehat dan semangat.

0 Response to "Obat Batuk Alami Untuk Anak"

Post a Comment