Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

tips posisi tidur ibu hamil, posisi ibu hamil tidur
posisi-tidur-ibu-hamil
Menjadi seorang ibu hamil merupakan hal yang sangat di idamkan oleh seorang wanita yang telah menikah. Namun menjadi seorang ibu hamil merupakan hal yang tidak mudah dan cukup membuat badan lelah karena mereka menggendong sesuatu yang ada di perut selama 9 bulan. Oleh karena itu, istirahat yang cukup dan berkualitas merupakan suatu yang harus bisa dilakukan oleh ibu hamil. Istirahat yang berkualitas salah satunya adalah dengan menerapkan cara posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil.


Seorang ibu hamil seringkali tidak bisa tidur dengan nyenyak atau nyaman karena takut akan keadaan bayi yang ada didalam kandungan. Mungkin bayi tercepit atau terhimpit, dll. Namun kadang kita melupakan bahwa semua itu adalah ciptaanNya. Dia telah membuat tempat yang paling nyaman dan aman untuk seorang janin yang ada didalam kandungan ibu. Seorang bayi yang masih dalam kandungan posisinya adalah terapung oleh air ketuban. Selain itu ada ruang kosong juga yang bisa untuk bergerak bayi dalam kandungan.

Posisi tidur yang baik sesuai dengan usia kandungannya adalah seperti dibawah ini,

1. Posisi Tidur Tengkurap
Posisi tidur ini sebenarnya merupakan posisi tidur yang cukup aman-aman saja untuk ibu hamil dan bukan merupakan pantangan bagi ibu hamil. Namun khusus untuk ibu hamil yang kehamilan berumur trimester awal karena perut ibu belum terlalu besar sehingga tidak mengganggu kenyamanan ibu hamil. Tetapi pada trimester awal ini juga akan terjadi pembesaran payudara yang merupakan bagian sensitif pada wanita, sehingga jika kurang hati-hati pada saat tidur juga akan mengganggu kenyamanan untuk bagian dada ibu hamil.

2. Posisi Tidur Terlentang
Posisi tidur terlentang sangat dianjurkan khususnya untuk usia kehamilan < 4 bulan / 16 minggu. Ini dikarenakan jika usia sudah lebih dari 16 minggu jika ibu hamil tidur terlentang maka akan meletakkan seluruh berat rahim ke bagian belakang, usus dan vena besar. Menurut penelitian jika posisi tidur ibu hamil yang lebih dari 4 bulan meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir, gangguan pencernaan serta gangguan pernafasan. Tidur pada posisi terlentang ibu hamil yang lebih dari kandungan 4 bulan dapat juga mengakibatkan tekanan darah menurun sehingga bisa mengakibatkan pusing. Oleh karena itu posisi tidur terlentang baiknya digunakan oleh ibu hamil yang kandungannya dibawah 4 bulan.

3. Posisi Tidur Miring
Belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa posisi apa yang paling aman untuk ibu hamil. Namun sangat dianjurkan oleh para ahli bahwa untuk usia > 16 minggu / 4 bulan adalah posisi tidur miring kesamping. Keuntungannya adalah bayi mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke dalam plasenta. Posisi ini juga bisa menolong ginjal membuang sisa produk dan cairan dalam tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki dan tangan pada ibu hamil.

Posisi miring ke kanan dan kiri dapat dilakukan secara bergantian. Agar lebih nyaman, taruhlah bantal diantara lutut dan satu di punggung agar posisi tidur ibu hamil lebih nyaman. Dapat juga digunakan bantal kehamilan yang sudah didesain sedemikian rupa sehingga bisa membuat nyaman tidur ibu hamil.

Demikianlah 3 posisi tidur yang baik dilakukan oleh ibu hamil sesuai dengan usia kehamilan masing-masing. Jika anda masih menyimpan keraguan, maka konsultasikanlah dengan bidan atau dokter kehamilan anda sehingga anda mendapatkan posisi tidur yang terbaik. Apalagi jika anda mempunyai kelainan posisi bayi didalam kandungan, misal bayi sungsang. Pastinya anda harus lebih hati-hati lagi dalam menentukan posisi tidur yang baik untuk anda para ibu hamil dan untuk keamanan sang calon bayi. Semoga wawasan tambahan sedikit ini bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda.

0 Response to "Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil"

Post a Comment