Amankah Jika Ibu Hamil Mencabut Gigi?

cabut gigi, ibu hamil
ibu-hamil-sakit-gigi


Artikel ini merupakan perluasan artikel kami yang dulu yaitu Hal yang harus diperhatikan sebelum mencabut gigi. Hal ini sebenarnya sudah mencakup terhadap keseluruhan hal yang perlu kita teliti langkah demi langkah sebelum mencabut gigi. Seorang ibu hamil merupakan anugrah yang tidak ternilai dengan materi apapun. Namun seorang ibu hamil mempunyai "gawan bayi" sendiri-sendiri. Ada yang istilah jawanya "ngebo" / tidak terpengaruh dengan aktivitas ibu, ataupun juga yang minta selalu diperhatikan dengan mual, muntah, dsb.


Setiap orang yang mempunyai gigi, pasti pernah mengalami masalah dengan giginya. Tidak terkecuali seorang ibu hamil. Ada kalanya saat hamil, saat itu juga gigi mengalami masalah. Misalnya gigi berlubang, gigi senut-senut, dll. Seorang yang sedang mengalami sakit gigi pasti mempunyai masalah dengan berkurangnya nafsu makan (berhubungan dengan proses mengunyah). Jika sudah demikian maka, seorang ibu hamil hanya akan mendapat gizi-gizi dari asupan yang tanpa mengunyah, misal susu, jus buah, dan semua suplemen makanan yang tanpa mengunyah. Padahal jika ini terjadi pada saat yang cukup lama (8-9 bulan) maka bisa menyebabkan asupan bahan makanan yang untuk janin menjadi berkurang / tidak dapat maksimal.

Dalam keadaan seperti ini, si bayi akan terlebih dahulu mengambil / menyerap makanan dari tubuh si ibu. Ini tidak akan jadi masalah kalau si ibu sendiri berbadan gemuk, pasokan makan si janin tercukupi dengan mudah, Namun jika si ibu kurus, tentunya juga akan berdampak langsung ke janin. 

Kehamilan akan mempengaruhi kerja hormon kehamilan tertentu yang dapat membuat permeabilitas pembuluh darah melebar sehingga sistem peredaran pembuluh darah jadi ikut meningkat. Ini mengakibatkan mudahnya terjadi pendarahan lebih hebat jika terkena "jejas" / 'injury' fisik seperti misalnya pada prosedur pencabutan gigi. Gigi berlubang / sakit gigi ataupun sakit gusi, jika belum terjadi komplikasi sakit atau susah mengunyah , jika belum begitu mendesak, atau malah timbul bau mulut, bisa diatasi dulu dengan menjaga kebersihan gigi, gusi dan lidah dengan baik. Gunakan sikat gigi yang lebih lunak tapi bentuk dan kegunaannya efektif. Coba juga berkumur dengan obat kumur / obat penyempit pembuluh darah lokal-sesaat, ekstrak daun sirih atau cengkeh dapat dicoba.

Meringkas dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa sebaiknya tetap menunggu bayi lahir sebelum melakukan pencabutan gigi (dengan telah menjalani step by step tentang hal mencabut gigi). Namun jangan lupa untuk tetap menjaga kualitas makanan dan gizi yang masuk untuk pertumbuhan janin yang ada dalam rahim. Kesehatan gigi ibu hamil memang penting, namun jika dibandingkan resiko yang bisa terjadi pada janin maka yang tepat adalah menunggu kelahiran anak, baru melanjutkan konsultasi ke dokter gigi untuk melakukan pencabutan gigi jika memang diperlukan.

Demikian artikel kami tentang amankah jika ibu hamil mencabut gigi? Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam berbagi ilmu dan menjalani hidup ini. Salam Kesehatan Tubuh.

0 Response to "Amankah Jika Ibu Hamil Mencabut Gigi?"

Post a Comment

Label

agar melahirkan tidak sakit air minum air putih air susu ibu akibat darah rendah alpukat alternatif anak anak cerdas anak sehat anak tinggi anak tumbuh tinggi anak-anak asam urat asi asi banyak asi melimpah Badan Gemuk badan sehat bahaya baik bawang bawang merah bayi Bayi dan Anak bayi pijat bekas luka berat badan berat badan ideal bermain bisul Buah-buahan buta Cacingan Cantik cantk cara cara hamil anak pintar cara mencegah cara mengatasi cara mengatasi nyeri cara mengatasi susah tidur cara menjaga cara sehat cemilan cemilan sehat Cerdas contoh cemilan sehat di luar rumah diabetes diare dimensia eklamsia gaya hidup gejala gemuk Gigi ginjal glukosa glukosa darah hamil hati sehat hidup sehat hipertensi hypertensi Ibu Hamil ibu hamil pre-eklamsia imun tubuh insomnia jantung kanker kebiasaan hidup kebutaan Kecantikan kedondong kelebihan berat badan kesehatan kesehatan anak Kesehatan Gigi Kesehatan Gusi kesehatan jiwa Kesehatan Mata Kesehatan Tubuh Kesehatan Wanita kolesterol kolesterol jahat kudis Kulit lansia lemah baik lemak jahat luka makan manis makan teratur Makanan makanan berwarna warni makanan pembersih hati Makanan sehat malam hari mandi mandi malam manfaat masalah ibu hamil mata minus mata sehat melahirkan memantau menangis mencegah mencegah serangan jantung mengatasi mengurangi rasa sakit menjaga kebugaran menurunkan menyehatkan minum Minyak Ikan nyeri nyeri sendi Obat Alami obat kanker obesitas olahraga opini orang dewasa Organ Tubuh payudara pengalaman penyakit penyakit darah rendah penyakit gula penyebab Penyebab Penyakit pijat bayi pikun pola tidur porsi pas pre-eklamsia Protein Radang Sendi Rambut rematik saat hamil saat melahirkan Sakit Kepala sakit rematik sayur sehat sembelit sendi serangan jantung serviks sinar matahari Stroke susah tidur Susu tekanan darah tekanan darah rendah tekanan darah tinggi terbaik tidak kurang tidak lebih tingkat glukosa tipe diabetes Tips tips asi tips asi melimpahibu hamil tips hamil tips ibu hamil tips kebugaran tips menjaga kesehatan mata tips sehat Tomcat tubuh tubuh sehat Tumbuhan turun turun berat badan virus wacana Wajah waktu olahraga wanita waspada