Makanan Yang Menyebabkan Gigi Berlubang

gigi berlubang
proses-gigi-berlubang

Setelah kita membahas tentang cara mudah mencegah gigi berlubang, maka kali ini kita akan membahas tentang makanan apa saja yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Kebanyakan dari anda pasti senang mengkonsumsi makanan manis dan asam yang dapat menjadi penyebab masalah bagi gigi anda. Sayangnya banyak orang yang menyepelekan masalah yang satu ini sehingga dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan gigi.



Zat yang dapat memberikan makan jutaan bakteri dalam mulut adalah gula, khususnya sukrosa. Bakteri yang diberi makan tersebut yang nantinya dapat mengakibatkan menumpuknya plak di gigi dan juga dapat menghasilkan asam laktat yang dapat mengikis enamel pada gigi anda.

Sedangkan makanan yang mengandung asam biasanya terdapat pula dalam beberapa makanan termasuk dalam buah-buahan. Makanan yang mengandung asam ini bisa juga menggerogoti enamel gigi dan juga merusak gigi anda secara langsung. Saat yang tepat menyikat gigi setelah kita mengkonsumsi makanan asam adalah jeda sekitar 1 jam. Karena jika langsung menyikat gigi setelah makan makanan asam justru dapat semakin memperburuk keadaan.

Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan gambaran bagi anda tentang makanan yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Hati-hatilah jika anda sering mengkonsumsi makanan-makanan berikut,

1. Permen
Pada dasarnya hampir setiap orang menyukai permen. Makanan yang satu ini memang sangat nikmat jika dinikmati dalam berbagai acara ataupun kegiatan. Namun jika terlalu banyak makan permen, maka dapat merusak gigi anda. Terutama permen yang mempunyai struktur yang keras, dapat membuat gigi anda menjadi rapuh dan berlubang. Bahkan parahnya lagi bisa menjadi patah dan retak. Sebagai alternatif anda dapat menghindari permen yang mempunyai struktur keras dengan mengganti dengan permen karet yang tidak mengandung gula / tawar.

2. Es Batu
Es batu merupakan favorit dari sebagian besar orang pada waktu mengkonsumsi minuman, misal teh, sirup, dll. Namun siapa sangka bahwa es batu yang tidak mengandung gula atau zat lain justru dapat membahayakan kesehatan gigi. Yang bisa membuat hal ini berbahaya adalah kebiasaan seseorang mengulum atau mengunyah es batu. Ini dikarenakan struktur es batu yang keras bisa membuat enamel gigi rusak. Hal yang fatal bisa terjadi adalah patahnya gigi pada saat mengunyah es batu. Oleh karena itu sebaiknya kebiasaan mengunyah es batu perlu anda hindari untuk lebih berhati-hati dalam menjaga gigi anda.

3. Kopi

Banyak orang yang menyukai kopi untuk konsumsi setiap hari. Apalagi pada waktu dipagi hari, sambil menikmati suasana pagi yang dingin. Tapi ternyata kadar kafein yang ada didalam kopi dapat mengakibatkan noda pada gigi, dan tentu saja hal ini bukan hal yang baik utk kesehatan gigi anda. Selain itu kopi juga dapat membuat mulut anda menjadi kering. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka pastikan untuk banyak mengkonsumsi air putih dan juga usahakan tidak begitu banyak menambah aksesoris berlebihan (gula, kreamer, dll) pada minuman kopi anda.

4. Selai
Makanan yang juga dapat menyebabkan gigi berlubang adalah selai. Berbagai rasa selai seperti selai coklat, selai kacang, selai strowbery dan lain-lain termasuk dalam kategori makanan yang lengket. Selain itu selai juga merupakan yang banyak mengandung gula. Jika kita mengkonsumsi, selai-selai yang menempel disekitar mulut dapat menghasilkan plak yang mengakibatkan jika tidak segera dibersihkan akan muncul bakteri yang merugikan gigi anda.

5. Popcorn
Jika anda sering menonton bisokop, tentunya popcorn merupakan hal yang tidak asing lagi bagi anda. Popcorn merupakan makanan yang sering kita konsumsi pada saat menonton bioskop. Dan pastinya jika anda sering mengkonsumsi popcorn maka anda juga sering mengalami sisa makanan tersebut menyelip diantara gigi dan gusi. Dan masalah yang sering timbul jika sering mengkonsumsi popcorn adalah gusi bengkak yang disebabkan hal tadi. Dan pastinya gusi bengkak membuat anda tidak nyaman dan mengganggu kegiatan anda sehari-hari. Karena hal tersebut maka berhati-hatilah pada saat mengkonsumsi popcorn, jangan terburu-buru. Dan juga setelah mengkonsumsi popcorn anda membilas gusi dengan cairan pembersih mulut atau membersihkan sisa popcorn yang menyusup diantara gigi dengan menggunakan dental floss atau benang jahit.

6. Soda Diet
Soda diet merupakan salah satu zat yang bisa menyebabkan gigi berlubang walaupun banyak orang tidak mengira hal ini. Namun perlu kita buka wawasan baru kita bahwa ternyata tingkat keasaman yang ada pada soda diet masih dalam kadar yang sangat tinggi. Hal ini tentu saja bisa menjadi masalah pada kesehatan gigi anda.

7. Roti Tawar
Aneh tapi fakta, ternyata roti tawar yang khususnya berwarna putih rata-rata mengandung gula dan pemanis yang bisa mengembang biakkan bakteri dalam mulut anda. Hal yang perlu kita khawatirkan juga seringkali roti tawar juga menyusup di sela-sela gigi karena saat dikunyah mereka menjadi sangat lengket dimulut. Oleh karena itu baiknya kita membersihkan gigi dengan benar setelah kita mengkonsumsi makanan ini.

8. Daging
Jika anda penyuka makanan daging, seringkali anda juga mengalami sisa daging tertinggal disela gigi anda setelah memakannya. Beberapa produk daging di supermarket juga mengandung gula sebagai bahan pengawetnya. Dan yang pasti anda lakukan adalah membersihkan gigi anda setelah mengkonsumsi daging ini.

9. Minuman Olahraga
Asumsi dari kebanyakan orang adalah minuman olahraga atau minuman berenergi sangat baik untuk kesehatan, namun kenyataannya sebuah minuman berenergi mengandung kadar gula yang sangat tinggi dan tentu saja hal tersebut tidak baik bagi kesehatan gigi anda.
 
10. Alkohol
Bagi anda yang masih suka mengkonsumsi alkohol mungkin hal ini bisa menjadi pertimbangan anda. Selain alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan mulut kering, alkohol juga dapat menjadikan air liur seseorang semakin berkurang jika mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Dengan berkurangnya air liur maka hal ini dapat menyebabkan kerusakan gigi dan juga infeksi pada mulut anda, seperti penyakit gusi. Dan hal parahnya lagi orang yang suka mengkonsumsi alkohol bisa terkena kanker mulut. Oleh karena itu tinggalkanlah alkohol ini untuk selamanya.

Dari beberapa jenis makanan memang tidak bisa kita hindari sama sekali. Namun untuk selalu mengantisipasi kerusakan pada gigi, baiknya anda selalu membersihkan gigi anda setelah mengkonsumsi makanan-makanan diatas. Dengan rajin menjaga kesehatan gigi dan mulut maka anda juga akan terbebas dari masalah bau mulut, karang gigi, gigi berlubang dan gangguan gigi/mulut lainnya.

Semoga dengan wawasan tambahan dari kami tentang makanan yang menyebabkan gigi berlubang ini dapat menjadikan anda lebih peduli terhadap kesehatan gigi anda

0 Response to "Makanan Yang Menyebabkan Gigi Berlubang"

Post a Comment

Label

agar melahirkan tidak sakit air minum air putih air susu ibu akibat darah rendah alpukat alternatif anak anak cerdas anak sehat anak tinggi anak tumbuh tinggi anak-anak asam urat asi asi banyak asi melimpah Badan Gemuk badan sehat bahaya baik bawang bawang merah bayi Bayi dan Anak bayi pijat bekas luka berat badan berat badan ideal bermain bisul Buah-buahan buta Cacingan Cantik cantk cara cara hamil anak pintar cara mencegah cara mengatasi cara mengatasi nyeri cara mengatasi susah tidur cara menjaga cara sehat cemilan cemilan sehat Cerdas contoh cemilan sehat di luar rumah diabetes diare dimensia eklamsia gaya hidup gejala gemuk Gigi ginjal glukosa glukosa darah hamil hati sehat hidup sehat hipertensi hypertensi Ibu Hamil ibu hamil pre-eklamsia imun tubuh insomnia jantung kanker kebiasaan hidup kebutaan Kecantikan kedondong kelebihan berat badan kesehatan kesehatan anak Kesehatan Gigi Kesehatan Gusi kesehatan jiwa Kesehatan Mata Kesehatan Tubuh Kesehatan Wanita kolesterol kolesterol jahat kudis Kulit lansia lemah baik lemak jahat luka makan manis makan teratur Makanan makanan berwarna warni makanan pembersih hati Makanan sehat malam hari mandi mandi malam manfaat masalah ibu hamil mata minus mata sehat melahirkan memantau menangis mencegah mencegah serangan jantung mengatasi mengurangi rasa sakit menjaga kebugaran menurunkan menyehatkan minum Minyak Ikan nyeri nyeri sendi Obat Alami obat kanker obesitas olahraga opini orang dewasa Organ Tubuh payudara pengalaman penyakit penyakit darah rendah penyakit gula penyebab Penyebab Penyakit pijat bayi pikun pola tidur porsi pas pre-eklamsia Protein Radang Sendi Rambut rematik saat hamil saat melahirkan Sakit Kepala sakit rematik sayur sehat sembelit sendi serangan jantung serviks sinar matahari Stroke susah tidur Susu tekanan darah tekanan darah rendah tekanan darah tinggi terbaik tidak kurang tidak lebih tingkat glukosa tipe diabetes Tips tips asi tips asi melimpahibu hamil tips hamil tips ibu hamil tips kebugaran tips menjaga kesehatan mata tips sehat Tomcat tubuh tubuh sehat Tumbuhan turun turun berat badan virus wacana Wajah waktu olahraga wanita waspada