Tips Mudah Mencegah Gigi Berlubang

Setiap orang mungkin pernah mengalami masalah dengan gigi. Pada artikel sebelumnya kami juga telah membahas tentang obat alami untuk gigi berlubang. Sedangkan masalah gigi berlubang saat ini adalah masalah yang umum terjadi menyerang kesehatan gigi dan mulut. Yang paling banyak mengalami masalah kesehatan gigi ini adalah anak-anak dikarenakan makanan yang dikonsumsi kurang baik bagi kesehatan gigi dan mulut. Tapi tidak memungkiri juga bahwa masalah gigi berlubang juga dialami oleh orang dewasa.

mencegah gigi berlubang, tips mudah
mecegah-gigi-berlubang
Saat ini dari berbagai catatan medis, banyak pula penderita dewasa yang mengeluhkan masalah gigi berlubang ke klinik dokter gigi yang dipercaya. Berikut ini akan diberikan beberapa cara mudah mencegah gigi berlubang yang bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi kesehatan anda.



1. Mengurangi Makanan Yang Mengandung Gula Berlebih
Zat yang mudah melekat dan terselip di sela-sela gigi adalah gula atau glukosa. Padahal hal ini termasuk zat makanan yang dapat merusak gigi. Hal ini disebabkan karena caramel merupakan bahan yang dapat dengan mudah mengundang bakteri perusak email dan susunan gigi anda. Hal ini sebaiknya mulai diterapkan pada anak-anak yang cenderung suka makanan yang manis, seperti permen, coklat, gulali dll. Salah satu cara mudah mencegah gigi berlubang adalah dengan hal ini, mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula berlebih. Untuk cara lain mencegah gigi berlubang adalah dengan mengganti permen yang mengandung gula tadi dengan permen Xylitol yang justru baik bagi kesehatan gigi anda.

2. Gosoklah Gigi Anda Secara Teratur
Cara mudah yang kedua adalah yang paling umum dilakukan orang, yaitu menggosok gigi secara teratur dan rutin sesuai jadwal yang sudah dianjurkan para ahli gigi anda. Sedangkan waktu yang dianjurkan ahli gigi rata-rata adalah sehari 2x yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Untuk anda yang suka mengkonsumsi makanan yang merusak gigi, frekuensi menggosok gigi pun bisa anda tingkatkan untuk mencegah kerusakan gigi / gigi berlubang.

3. Mengurangi Konsumsi Makanan Yang Lengket
Banyak makanan yang lengket yang umumnya terbuat dari tepung seperti biskuit, roti, daging dll. Nah makanan inilah yang seringkali meninggalkan sisa makanan di gigi. Sisa makanan ini lebih sulit dicerna oleh air ludah sehingga dapat bertahan lama dan mengundang bakteri perusak gigi. Cara yang bisa anda gunakan adalah dengan menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan yang jenisnya seperti contoh-contoh diatas.

4. Membiasakan Kumur Menggunakan Obat Kumur
Sikat gigi merupakan wujud perawatan gigi yang paling murah dan mudah bagi kita. Namun seringkali juga banyak sisa makanan yang masih menempel dan tidak terjangkau. Untuk penyempurnaan pembersihan sisa makanan, obat kumur menjadi solusi yang tepat untuk mencegah kuman-kuman yang muncul yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Cara yang tepat adalah setelah menggosok gigi, menyempurnakan perawatan gigi dengan berkumur dengan obat kumur.
5. Melakukan Konsultasi dengan Dokter Gigi
Cara yang tepat dan dianjurkan adalah cara yang terakhir ini. Dengan berkonsultasi anda dapat mengetahui dengan persis keadaan gigi yang baik dan yang sedang berlubang. Sehingga dengan berkonsultasi rutin minimal 6 bulan sekali dapat menjadi deteksi dini untuk kerusakan gigi / gigi berlubang. Karena dalam perawatan gigi perlu dikonsultasikan dahulu sebelum anda melakukan tindakan seperti mencabut gigi dan lain-lain.


Demikianlah beberapa tips yang bisa anda lakukan dengan mudah untuk mencegah gigi berlubang. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk anda.

2 Responses to "Tips Mudah Mencegah Gigi Berlubang "

  1. udah terlanjur giginya berlubang gimana ya

    ReplyDelete
  2. Info yang menarik. Sekadar berkongsi maklumat, kita juga boleh mencegah masalah gigi berlubang dengan menguyah gula-gula getah yang mengandungi xylitol kerana dengan menguyah gula-gula getah, kita dapat merangsang rembesan air liur yang boleh bertindak untuk meneutralkan asid yang terbentuk pada celah-celah gigi. Selain itu, xylitol juga dapat merencat pembiakan bakteria. Info lanjut di http://www.healthmassa.com/masalah-gigi-berlubang/

    ReplyDelete

Label

agar melahirkan tidak sakit air minum air putih air susu ibu akibat darah rendah alpukat alternatif anak anak cerdas anak sehat anak tinggi anak tumbuh tinggi anak-anak asam urat asi asi banyak asi melimpah Badan Gemuk badan sehat bahaya baik bawang bawang merah bayi Bayi dan Anak bayi pijat bekas luka berat badan berat badan ideal bermain bisul Buah-buahan buta Cacingan Cantik cantk cara cara hamil anak pintar cara mencegah cara mengatasi cara mengatasi nyeri cara mengatasi susah tidur cara menjaga cara sehat cemilan cemilan sehat Cerdas contoh cemilan sehat di luar rumah diabetes diare dimensia eklamsia gaya hidup gejala gemuk Gigi ginjal glukosa glukosa darah hamil hati sehat hidup sehat hipertensi hypertensi Ibu Hamil ibu hamil pre-eklamsia imun tubuh insomnia jantung kanker kebiasaan hidup kebutaan Kecantikan kedondong kelebihan berat badan kesehatan kesehatan anak Kesehatan Gigi Kesehatan Gusi kesehatan jiwa Kesehatan Mata Kesehatan Tubuh Kesehatan Wanita kolesterol kolesterol jahat kudis Kulit lansia lemah baik lemak jahat luka makan manis makan teratur Makanan makanan berwarna warni makanan pembersih hati Makanan sehat malam hari mandi mandi malam manfaat masalah ibu hamil mata minus mata sehat melahirkan memantau menangis mencegah mencegah serangan jantung mengatasi mengurangi rasa sakit menjaga kebugaran menurunkan menyehatkan minum Minyak Ikan nyeri nyeri sendi Obat Alami obat kanker obesitas olahraga opini orang dewasa Organ Tubuh payudara pengalaman penyakit penyakit darah rendah penyakit gula penyebab Penyebab Penyakit pijat bayi pikun pola tidur porsi pas pre-eklamsia Protein Radang Sendi Rambut rematik saat hamil saat melahirkan Sakit Kepala sakit rematik sayur sehat sembelit sendi serangan jantung serviks sinar matahari Stroke susah tidur Susu tekanan darah tekanan darah rendah tekanan darah tinggi terbaik tidak kurang tidak lebih tingkat glukosa tipe diabetes Tips tips asi tips asi melimpahibu hamil tips hamil tips ibu hamil tips kebugaran tips menjaga kesehatan mata tips sehat Tomcat tubuh tubuh sehat Tumbuhan turun turun berat badan virus wacana Wajah wanita waspada