Empat Hal yang Ditakuti Ketika Tubuh Kelebihan Protein

4 Hal Paling Menakutkan Ketika Kelebihan Protein

Protein adalah salah satu yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam tubuhnya untuk mendapatkan asupan nutrisi agar energi dalam tubuh bisa selalu maksimal dan dalam keadaan normal. Biasanya, nutrisi berupa protein bisa didapatkan dari berbagai makanan seperti daging, ikan, telur, susu, biji-bijian atau kacang-kacangan dan beberapa makanan lain.

Namun tentunya jika terlalu banyak mengonsumsi justru tidak akan baik bagi kesehatan. Setidaknya ada 4 hal menakutkan yang akan terjadi pada tubuh ketika kelebihan protein di dalamnya. Apa saja hal tersebut? Berikut ulasannya.

Bau Mulut

Protein yang berlebih pada tubuh bisa memicu bau mulut. Jessica Cording, RD, seorang ahli kesehatan mengungkapkan jika ketika tubuh kelebihan protein dan juga lemak, hal ini akan berpengaruh pada kesehatan pencernaan, kesehatan mulut dan kesehatan tubuh lainnya.

Saat pencernaan dan mulut bermasalah, inilah yang nantinya akan mempengaruhi bau mulut. Meskipun telah menggosok gigi, berkumur dengan antiseptik ataupun membersihkan gigi, saat tubuh kelebihan protein, mulut akan tetap bau.

Suasana Hati Memburuk

Hal buruk selanjutnya yang kemungkinan besar akan terjadi pada tubuh saat ia kelebihan protein adalah suasana hati menjadi buruk. Study menyebutkan jika protein bisa meningkatkan produksi hormon serotonin dalam tubuh.

Saat hormon ini diproduksi dalam jumlah besar, hal ini akan membuat suasana hati menjadi buruk, mudah lelah, mudah marah dan mudah kesal. Agar suasana hati tetap nyaman dan bahagia, sangat disarankan untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayur minum air putih.

Risiko Penyakit Ginjal

Ketika Anda menginginkan ginjal yang sehat, sudah saatnya bagi Anda untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Tubuh yang mengalami kelebihan protein dikatakan akan sangat rentan dan berisiko menderita gangguan ginjal.

Saat seseorang mengonsumsi protein dalam takaran yang pas, ginjal akan menyaring makanan dan bekerja dengan baik serta normal. Tapi, jika tubuh kelebihan protein, sadar atau tidak, ginjal akan menyaring makanan dan bekerja lebih keras. Hal inilah yang bisa menyebabkan ginjal mudah rusak dan mengalami gangguan.

Sembelit Dan Kembung

Medis menyebutkan jika kelebihan protein pada tubuh bisa membuat pencernaan tidak sehat. Apalagi, jika tidak diimbangi dengan nutrisi lain berupa karbohidrat, vitamin dan serat. Protein yang berlebih pada tubuh bisa membuat perut menjadi kembung, sembelit dan tidak nyaman. Meski begitu, tidak jarang kelebihan protein akan menyebabkan diare.


Itulah beberapa hal menakutkan yang akan terjadi pada tubuh saat kelebihan protein. Selain hal di atas, hal menakutkan lain yang kemungkinan besar juga akan menyerang Anda adalah risiko kanker, obesitas, diabetes dan hipertensi serta serang jantung.

Agar tubuh selalu sehat dan pikiran selalu segar, pastikan untuk memenuhi semua nutrisi yang diperlukan tubuh ya. Jangan lupa makan sayur dan buah, minum air putih cukup dan olahraga teratur. Semoga informasi ini bermanfaat.

0 Response to "Empat Hal yang Ditakuti Ketika Tubuh Kelebihan Protein"

Post a Comment