Tips Mengatasi Berbagai Kulit Kering dan Pecah-Pecah


Banyak hal yang bisa menyebabkan kaki atau tumit kering dan juga pecah-pecah yang membuat kita tidak nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Masalah kulit ini umumnya disebabkan oleh kurangnya kelembaban dan juga penyebab-penyebab lain yang dapat berakibat seperti diatas. Adapun contoh penyebab lainnya adalah berdiri lama (berjam-jam), dehidrasi, penggunaan sabun yang keras, musim dingin, bersentuhan secara terus-menerus dengan air, berat badan berlebih dan lain-lain. Kulit yang pecah biasanya disertai oleh rasa sakit, jika tidak diatasi segera akan berkembang menjadi eksem ataupun infeksi.
Berikut ini kami berikan informasi tentang cara menghaluskan dan melembabkan kulit yang kering dan pecah-pecah.
a.       Merawat Tangan
Kekeringan yang terjadi pada tangan bisa disebabkan oleh terlalu sering mencuci, bersentuhan langsung dengan bahan kimia / deterjen. Oleh karena itu gunakanlah sabun yang mengandung pelembab untuk melembabkan dan menghaluskan kulit, jangan terlalu sering mencuci tangan menggunakan sabun, lebih baik gunakanlah cairan antiseptik bila tidak terlalu kotor.

Gunakanlah pelembab pada tangan sesering mungkin setelah mencuci tangan atau ketika tangan terasa kering dan gatal untuk mempertahankan kelembaban dan pilihlah lotion atau pelembab yang mengandung emolien ataupun petroleum jelly terutama oleskan sebelum tidur dan gunakan sarung tangan kemudian biarkan semalaman.

Jika yang terjadi adalah tangan menjadi kemerahan dan mengelupas, sebaiknya segera kunjungi dokter kulit untuk membantu mengatasi peradangan dan memeriksakan tangan apakah kondisi tangan kering karena mengalami eksim atau proriasis.

b.      Merawat Kaki Pecah-Pecah Alami
Beberapa bahan yang bisa kita gunakan dengan bahan-bahan alami,

1.       Air Hangat
Ketika sebelum tidur, sediakan air hangat dalam ember. Tambahkan sabun mandi secukupnya dan rendam kaki kurang lebih selama 20 menit. Sel-sel kulit mati menjadi lebih mudah lepas, gosok dengan lembut menggunakan batu apung untuk membersihkannya kemudian bilas. Kemudian dikeringkan dan oles dengan pelembab atau body lotion. Gunakan kaus kaki berbahan katun yang bersih sehingga dipagi hari kondisi kaki menjadi lebih baik. Hal ini bisa dilakukan tiap hari jika memang anda sempat melakukan setiap malam sampai kaki pecah-pecah hilang sepenuhnya.

2.       Jeruk Nipis
Jeruk lemon atau jeruk nipis ternyata juga dapat menghilangkan sel kulit mati dan kulit kering pada kaki. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menambahkan air hangat dan juga air jeruk lemon untuk merendam kaki selama beberapa menit. Gosok dan sikat dengan lembut, keringkan dan oleskan juga pelembab setelah kaki kering.

3.       Pisang
Hancurkan pisang menjadi pasta, lalu oleskan pada kaki yang kering dan pecah-pecah. Kemudian biarkan selama kurang lebih 15 menit. Khasiat pisang ternyata juga dapat menghaluskan dan melembutkan kulit. Selain itu dapat juga mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah.

4.       Madu
Khasiat madu ternyata juga dapat melembutkan kulit dan juga mengatasi kaki pecah-pecah. Caranya yaitu merendam kaki dalam air hangat yang telah diberi madu selama sepuluh menit. Kemudian bersihkan dan keringkan.

5.       Petroleum Jelly
Petroleum jelly dapat juga mempertahankan kelembaban kaki dan juga menyembuhkan kaki pecah-pecah. Caranya yaitu oleskan petroleum tersebut pada kaki yang pecah-pecah sebelum tidur malam hari. Kemudian gunakan kaus kaki untuk mengunci kelembaban kaki.

6.       Minyak Zaitun
Minyak zaitun atau extra virgin olive oil dapat menyembuhkan kaki pecah-pecah juga. Caranya oleskan minyak zaitun pada kaki sambil dipijat selama sepuluh menit dan kemudian gunakan kaus kaki juga untuk menjaga kelembaban. Lakukan secara teratur.

Demikianlah para pembaca setia kesehatan-tubuh, beberapa tips alami yang bisa anda gunakan untuk menjaga kulit dari kekeringan dan kaki pecah-pecah. Semoga bisa bermanfaat dan semoga anda selalu diberikan kesehatan olehNya.

0 Response to "Tips Mengatasi Berbagai Kulit Kering dan Pecah-Pecah"

Post a Comment

Label

agar melahirkan tidak sakit air minum air putih air susu ibu akibat darah rendah alpukat alternatif anak anak cerdas anak sehat anak tinggi anak tumbuh tinggi anak-anak asam urat asi asi banyak asi melimpah Badan Gemuk badan sehat bahaya baik bawang bawang merah bayi Bayi dan Anak bayi pijat bekas luka berat badan berat badan ideal bermain bisul Buah-buahan buta Cacingan Cantik cantk cara cara hamil anak pintar cara mencegah cara mengatasi cara mengatasi nyeri cara mengatasi susah tidur cara menjaga cara sehat cemilan cemilan sehat Cerdas contoh cemilan sehat di luar rumah diabetes diare dimensia eklamsia gaya hidup gejala gemuk Gigi ginjal glukosa glukosa darah hamil hati sehat hidup sehat hipertensi hypertensi Ibu Hamil ibu hamil pre-eklamsia imun tubuh insomnia jantung kanker kebiasaan hidup kebutaan Kecantikan kedondong kelebihan berat badan kesehatan kesehatan anak Kesehatan Gigi Kesehatan Gusi kesehatan jiwa Kesehatan Mata Kesehatan Tubuh Kesehatan Wanita kolesterol kolesterol jahat kudis Kulit lansia lemah baik lemak jahat luka makan manis makan teratur Makanan makanan berwarna warni makanan pembersih hati Makanan sehat malam hari mandi mandi malam manfaat masalah ibu hamil mata minus mata sehat melahirkan memantau menangis mencegah mencegah serangan jantung mengatasi mengurangi rasa sakit menjaga kebugaran menurunkan menyehatkan minum Minyak Ikan nyeri nyeri sendi Obat Alami obat kanker obesitas olahraga opini orang dewasa Organ Tubuh payudara pengalaman penyakit penyakit darah rendah penyakit gula penyebab Penyebab Penyakit pijat bayi pikun pola tidur porsi pas pre-eklamsia Protein Radang Sendi Rambut rematik saat hamil saat melahirkan Sakit Kepala sakit rematik sayur sehat sembelit sendi serangan jantung serviks sinar matahari Stroke susah tidur Susu tekanan darah tekanan darah rendah tekanan darah tinggi terbaik tidak kurang tidak lebih tingkat glukosa tipe diabetes Tips tips asi tips asi melimpahibu hamil tips hamil tips ibu hamil tips kebugaran tips menjaga kesehatan mata tips sehat Tomcat tubuh tubuh sehat Tumbuhan turun turun berat badan virus wacana Wajah waktu olahraga wanita waspada