Khasiat Cincau untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Cincau Untuk Kesehatan

Menurut Wikipedia, Cincau (Hanzi: ??, pinyin: xiancao) adalah gel serupa agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air. Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.

Kata "cincau" sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau (Hanzi: ??, pinyin: xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan (Mesona spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini.

Cincau paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar (misalnya dalam es cincau atau es campur). Dilaporkan juga cincau memiliki efek penyejuk serta peluruh.

Selain untuk minuman penyegar, cincau juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Jadi cincau bukan hanya sebagai minuman penyegar saja, akan tetapi cincau juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Mau tahu apa saja manfaat cincau untuk kesehatan? Berikut dibawah ini Ladiesmail akan menyebutkan manfaat cincau untuk kesehatan serta cara pengobatannya.

01. Mengatasi Radang Lambung, Thypus dan Usus

Caranya sediakan 50 gr daun cincau yang masih segar dan cuci hingga bersih, lalu tambahkan dengan 4 gelas air matang, kemudian remas-remas hingga airnya menjadi hijau dan mengental, lalu saringkan dan tambahkan dengan gula aren secukupnya, setelah itu minum ramuan tersebut 3 kali sehari.

02. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Caranya ialah sediakan beberapa daun cincau, lalu rendamkan dengan air dan remas-remas hingga air menjadi hijau. Saring dan tambahkan sedikit gula aren sebagai penambah rasa manis, kemudian minum sebelum mengental atau menjadi seperti agar.

03. Anti Inflamasi

Caranya tumbuk daun cincau dan berikan sedikit garam, kemudian anda oleskan pada bagian yang sakit sebanyak 3 kali sehari. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur sampai sembuh.

04. Mengobati Diabetes Mellitus

Caranya mudah saja anda hanya perlu mengkonsumsi air rebusan cincau secara teratur sebanyak 200 ml, 2 kali sehari.

Nah, itulah manfaat cincau untuk kesehatan anda. Semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih.

0 Response to "Khasiat Cincau untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment