Inilah Manfaat Tumbuhan Liar Beluntas untuk Kesehatan

Macam-Macam Manfaat Beluntas Untuk Kesehatan

Beluntas (Pluchea indica Less) merupakan tanaman yang tumbuh liar didaerah yang kering pada tanah keras, berbatu atau ditanam sebagai tanaman pagar. Beluntas juga merupakan jenis tanaman yang termasuk ke dalam famili Asteraceae dan termasuk genus Pluchea.

Dalam daun beluntas terkandung unsur-unsur kimia diantaranya seperti flavonoida, tanin, alkaloid, minyak asiri, aluminium, magnesium, kalium, fosfor, asam chlorogenik, natrium, serta kalsium.

Selain memiliki unsur-unsur kimia, beluntas juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Nah, berikut Ladiesmail akan menyebutkan manfaat beluntas bagi kesehatan serta cara pengobatannya. Simaklah dengan baik dibawah ini.

1. Mengobati Keputihan

Caranya rebus 20 lembar daun beluntas, 4 potong temulawak kering, 4 ruas jari kunyit, seruas jari kencur dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin saringkan dan minum 2 kali sehari yaitu pagi dan malam hari masing-masing 1/2 gelas.

2. Mengatasi Haid Tidak Teratur

Caranya tumbuk sampai halus 2 genggam daun beluntas, lalu tambahkan 2 gelas air masak dan garam sebesar biji asam. Selanjutnya peras dan saringkan, setelah itu diminum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

3. Menghilangkan Bau Badan

Caranya yaitu rebuskan 15 gr daun beluntas, 5 gr buah pinang dan garam dapur seujung sendok teh dengan 3 gelas air sampai tersisa sekitar 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum airnya 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

4. Mengobati Penyakit Malaria

Caranya sediakan daun beluntas 15 lembar, daun sembung 4 lembar, daun asam muda 1 genggam, daun sirih 3 lembar dan air bersih 1 liter. Lalu air direbus bersama semua bahan yang sudah disiapkan tadi hingga mendidih, tunggu sampai air tersisa menjadi setengah liter, setelah itu minum air ramuan tersebut 3 kali sehari.

5. Menurunkan Panas

Caranya sediakan daun beluntas sebanyak 10 lembar saja dan cuci sampai bersih. Lalu seduhkan daun beluntas tersebut dengan menggunakan segelas air panas. Diamkan sejenak lalu pisahkan antara ampas daun dengan airnya. Minum airnya selagi masih panas 1 kali dalam sehari sampai panas mereda.

Nah, itulah manfaat beluntas bagi kesehatan kita. Semoga cara yang sudah dijelaskan diatas akan bermanfaat bagi anda dan selamat mencobanya dirumah, terima kasih.

0 Response to "Inilah Manfaat Tumbuhan Liar Beluntas untuk Kesehatan"

Post a Comment