Cara Mudah dan Aman Mencegah Stroke

Bagaimana Cara Mencegah Stroke?

Saat ini penyakit stroke menjadi salah satu penyakit paling tinggi yang diderita oleh laki-laki dan perempuan lanjut usia. Bahkan ada kasus stroke yang ditemukan pada anak-anak dan orang dewasa, meskipun dengan angka yang sangat kecil.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab tingginya penderita stroke di Indonesia, seperti kebiasaan pola makan yang buruk dan tingkat aktifitas atau tekanan pikiran yang tinggi.

Hal ini mendorong bagi semua orang untuk menyadari bahwa stroke harus dicegah sejak awal, bahkan sejak kita masih muda. Berikut ini adalah beberapa macam langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah stroke.

Jalan Pagi 15 Menit Setiap Hari

Kesibukan dan berbagai aktifitas pekerjaan monoton seperti di depan komputer akan membuat tubuh menjadi kurang gerak. Kondisi ini membuat seseorang rentan terkena penyakit stroke.

Untuk mencegahnya maka Anda bisa berjalan kaki paling tidak selama 15 menit setiap hari. Anda bahkan bisa melakukannya di dalam rumah sambil melakukan beberapa aktifitas seperti menyapu atau mengepel lantai.

Jika Anda memiliki banyak waktu maka bisa mencoba untuk berjalan di sekitar rumah atau perumahan. Meskipun ini hanya berjalan ringan tapi sudah bisa membuat sistem jantung dan tubuh menjadi lebih sehat.

Buat Diri Anda Lebih Bahagia

Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang sedih atau sering merasa sedih memiliki resiko tinggi terkena stroke. Hal ini bisa terjadi karena tidak ada kebahagiaan yang mempengaruhi sistem hormon dan metabolisme tubuh.

Meskipun rasa sedih biasanya hanya terjadi pada perasaan tapi ternyata semua bagian tubuh memberikan respon. Orang yang lebih sering merasa sedih biasanya akan memiliki masalah pada jantung, kadar gula yang tinggi dan bisa merubah pola makan menjadi lebih buruk.

Karena itu biasakan diri Anda menjadi bahagia. Caranya adalah dengan menikmati semua kehidupan Anda dan membuat diri Anda menjadi lebih ceria.

Istirahat

Melakukan istirahat juga sangat penting untuk mencegah stroke. Caranya adalah dengan mengatur waktu tidur. Hindari terlalu banyak tidur, sebab tidur lebih dari 10 jam justru meningkatkan peluang terkena stroke.

Sementara peneliti menganjurkan kita memiliki jumlah waktu tidur yang cukup paling tidak selama 7 jam setiap hari. Jika Anda harus menyesuaikan dengan jam pekerjaan maka usahakan Anda tetap tidur selama 7 jam per hari.

Perhatikan Saat Sakit Kepala dan Gangguan Detak Jantung

Salah satu cara untuk menghindari stroke adalah dengan mengerti kondisi kesehatan Anda. Beberapa penyakit yang dianggap ringan seperti migren atau sakit kepala sebelah merupakan pertanda awal seseorang bisa terkena stroke.

Anda bisa membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih tenang. Jika Anda menerima tekanan pekerjaan yang berat maka luangkan waktu untuk berlibur. Selain itu jika memiliki masalah pada detak jantung maka usahakan untuk segera melakukan pemeriksaan medis.

0 Response to "Cara Mudah dan Aman Mencegah Stroke"

Post a Comment