Fungsi dan Manfaat Tanaman Belimbing

Pengertian Dari Tanaman Belimbing Manis

Belimbing manis atau nama latinnya (Averhoa carambola) merupakan tanaman yang berasal dari India dan Sri Lanka. Tanaman ini umumnya dipelihara dipekarangan rumah dan berbuah sepanjang tahun.

Kandungan yang terdapat pada belimbing manis antara lain protein, kalori, lemak, karbohidrat, kalsium, serat, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi dan air.

Belimbing manis memiliki ciri-ciri antara lain:

  1. Memiliki daun yang bersirip ganjil dan berwarna kekuningan sampai hijau muda.
  2. Bunganya kecil dalam untaian yang berwarna putih kemerahan.
  3. Buahnya berbentuk seperti buni, bulat memanjang sekitar 4-13 cm dengan 5 rusuk yang tajam dengan kulit buah yang tipis.
Manfaat belimbing manis untuk kesehatan diantaranya adalah untuk mencegah kanker, menyehatkan pencernaan, mengatasi tekanan darah tinggi, meningkatkan kerja enzim, mengurangi kadar kolestrol jahat, melancarkan buang air kecil, mengatasi gangguan hati, mengatasi hipertensi dan dapat menurunkan berat badan.

Daun belimbing manis ini juga dapat menyembuhkan luka sobek dan mengobati bisul lho. Cara untuk menyembuhkan luka sobek dengan menggunakan daun belimbing manis diantaranya cucikan terlebih dahulu daun belimbing manis sampai bersih, lalu lumatkan dengan menggunakan jari tangan sampai halus, setelah itu tempelkan pada luka. Lakukanlah cara ini secara rutin sampai luka sobeknya sudah mulai menghilang.

Dan cara untuk mengobati bisul caranya adalah pertama-tama cucikan daun belimbing manis sampai bersih, lalu tumbukkan daun belimbing manis sampai halus, kemudian bubuhkan pada bisul. Ulangilah cara ini beberapa kali sampai sembuh.

Nah, itulah pengertian dari belimbing manis dan semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

0 Response to "Fungsi dan Manfaat Tanaman Belimbing"

Post a Comment