Khasiat Baking Soda untuk Kecantikan


Bahan kimia Natrium Bikarbonat adalah senyawa kimia dengan rumus NaHCO3. Dalam penyebutannya kerap disingkat bicnat. Dan senyawa ini termasuk dalam jenis garam yang sudah lama digunakan. Garam ini juga disebut baking soda atau soda kue. Bahan ini biasa kita gunakan pada saat membuat kue atau roti karena bereaksi dengan bahan lain membentuk gas karbondioksida, yang menyebabkan adonan roti bisa mengembang.
Dan ternyata, manfaat baking soda ini bukan hanya untuk hal di dapur atau kue. Manfaat lain yang bisa kita peroleh dari baking soda ini adalah dalam hal merawat kecantikan atau kesehatan tubuh. 

Adapaun khasiat dari baking soda ini adalah

1. Sebagai Deodoran
Senyawa dari baking soda ini ternyata bisa membunuh kuman sehingga dapat menghilangkan bau badan yang tidak sedap karena keluarnya keringat dari aktivitas yang berlebih. Caranya adalah campur 1/8 sendok teh baking soda dengan 1 sendok makan air. Kemudian oleskan pada bagian ketiak anda ketika akan memulai aktivitas atau pada pagi hari.

2. Scrub Wajah
Baking soda memang dipercaya dapat meluruhkan kulit-kulit mati yang ada diseputaran wajah, sehingga wajah menjadi lebih halus dan lembut. Untuk penggunaannya, larutkan baking soda dalam air dengan perbandingan 3:1. Aduk rata dan gunakan adonan tersebut sebagai alternatif scrub wajah. Oleskan dan pijat seluruh permukaan wajah kemudian bilas dengan air yang bersih. Maka anda akan mendapatkan wajah yang lebih halus dan segar dari sebelum memakai baking soda ini.

3. Dapat Menghilangkan Jerawat
Dari pemaparan 2 hal diatas, maka baking soda juga dapat digunakan obat untuk menghilangkan jerawat. Campurkan baking soda dengan lemon dan kemudian oleskan pada jerawat anda. Diamkan selama beberapa saat dan ulangi beberapa kali dalam sehari. Ini akan menjadi alternatif penghilang jerawat bagi anda yang mempunyai masalah dengan jerawat.

4. Melembutkan Rambut
Peralatan Dry shampoo relatif mahal. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan baking soda sebagai penggantinya. Caranya taburkan saja sedikit baking soda pada rambut anda dan anda akan liat bahwa hasil yang anda peroleh tidak kalah baiknya dengan anda menggunakan dry shampoo.

5. Memutihkan Gigi
Fungsi yang terakhir dari baking soda ini adalah dapat memutihkan gigi. Bagaimana caranya..? Celupkan saja sikat gigi anda kedalam larutan baking sodan dan air, lalu gosokkan sikat seperti anda ketika menggosok gigi seperti biasa. Kumurlah setelah menggosok gigi dengan air yang bersih, lakukan seminggu sekali.

Baiklah pembaca setia kesehatan-tubuh.com, untuk pembahasan manfaat baking soda telah kita kupas tuntas. Semoga bisa menambah wawasan pembaca dan menjadi pengetahuan yang bermanfaat.

0 Response to "Khasiat Baking Soda untuk Kecantikan"

Post a Comment