7 Cara Mudah Meningkatkan Imun Tubuh Anak


Anak sehat
via ww.sanjivanipharmacy.co.uk

Pilek dan flu merupakan penyakit yang paling umum dialami oleh anak-anak. Penyebabnya adalah karena mereka tidak memiliki imun tubuh sekuat orang dewasa. Sehingga, mereka lebih rentan terkena penyakit ini dan lebih rentan tertular.

Untuk melindungi anak agar tidak mudah sakit dan agar mereka bisa terhindar dari serangan kuman dan virus setiap hari, orang tua wajib merawat dan menjaga anak mereka dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh (imun tubuh) mereka. Diantara beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak adalah:
  • Sajikan makanan yang sehat berupa buah-buahan segar dan sayuran. Menurut studi, sayuran seperti wortel, kacang hijau, hingga buah-buahan seperti jeruk dan stroberi kaya akan vitamin C, mengandung banyak karetenoid, sejumlah nutrisi dan mineral lainnya. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena fitonutrien yang terdapat di dalam buah maupun sayur akan membantu tubuh memproduksi sel-sel darah putih yang bisa melawan infeksi dan interferon
  • Pastikan anak tidur secara teratur dalam jumlah yang cukup setiap hari. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang yang jarang tidur lebih rentan terkena berbagai macam penyakit karena sistem kekebalan tubuh mereka yang rendah.
  • Anak-anak yang masih berusia bayi wajib diberikan ASI. Karena di dalam ASI terkandung antibodi yang bisa melindungi anak dari berbagai macam penyakit dan bisa membantu meningkatkan kemampuan sel darah putih mereka dalam memerangi berbagai bahaya akibat virus dan bakteri. Selain itu, ASI juga akan membuat anak beresiko lebih rendah terkena infeksi telinga, alergi, diare, meningitis infeksi saluran kencing, hingga sindrom kematian bayi mendadak.
  • Ajak anak-anak bermain. Anak-anak yang jarang keluar rumah dan jarang bermain atau jarang beraktivitas cenderung memiliki imun tubuh yang rendah. Sebaliknya, anak-anak yang ceria, sering bergerak dan aktif bermain di luar ruangan menurut dokter lebih sehat dan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik.
  • Lindungi anak dengan mencegah penyebaran kuman. Selain dengan meningkatkan langsung timun tubuh anak, kita juga perlu menjaga kebersihan. Sehingga kuman, virus, maupun bakteri tidak akan mengancam anak-anak.
  • Hindari anak-anak dari rokok. Jika Anda adalah orangtua yang merokok, cobalah untuk berhenti merokok. Jika tidak mungkin, merokoklah di luar rumah atau jauh dari anak (minimal 20 meter).
  • Kurangi penggunaan obat-obatan. Berbagai jenis obat-obatan mulai dari antibiotik hingga obat-obatan yang lain dapat menyebabkan anak rentan terkena berbagai macam penyakit. Jika memungkinkan, ketika anak-anak sakit, berikan mereka obat-obatan tradisional atau obat-obatan alami.
Lakukan yang terbaik untuk anak anda agar selalu bisa terjaga kesehatannya, salam kesehatan-tubuh dari kami.

0 Response to "7 Cara Mudah Meningkatkan Imun Tubuh Anak"

Post a Comment