Cara Mudah Mengatasi Nyeri Sendi


Nyeri sendi
via sayamausehat.com

Nyeri sendi pasti sangat menyiksa. Umumnya orang-orang sering mengeluh nyeri di bagian lutut dan pinggul. Nyeri tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Bisa disebabkan karena trauma, penyakit, luka, karena keseleo, osteoporosis, dan bisa juga karena tendonitis.

Namun jangan lupa, arthritis juga bisa menyebabkan nyeri sendi. Akan tetapi perlu diingat, nyeri yang dialami oleh seseorang bisa berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Walau demikian, untuk mengatasinya, caranya hampir sama, mulai dari:
  • Cara yang pertama, adalah dengan menggunakan terapi es. Suhu yang dingin bisa mengurangi aliran darah dan membantu mengurangi pembengkakan pada jaringan. Ketika Anda merasakan sakit atau nyeri, Anda bisa langsung mengkompresnya dengan es selama kurang lebih 15 menit. Anda bisa melakukannya antara 4 hingga 5 kali sehari.
  • Terapi air hangat. Terapi air hangat atau yang biasa dikenal dengan istilah hidroterapi bisa membantu mengurangi tekanan pada sendi dan otot. Cara paling mudah untuk menerapkan terapi air hangat adalah dengan mandi air hangat (berendam) untuk mengurangi nyeri pada pinggul dan lutut.
  • Pijat. Pijat adalah cara terbaik untuk meredakan nyeri sendi di bagian lutut dan pinggul. Pijat yang dilakukan secara profesional atau tidak (pijat rumahan) tetap bisa memberikan rasa yang nyaman untuk mengurangi rasa sakit. Metode pijat yang benar adalah, tubuh harus dipijat ke arah jantung.
  • Menggunakan obat-obatan seperti ibuprofen bisa membantu menghilangkan rasa nyeri. Obat-obatan non steroid anti inflamasi juga bisa membantu mengurangi pembengkakan dan kekakuan pada sendi, bisa membantu melemaskan otot, dan mengurangi kejang otot.
  • Herbal alami. Beberapa jenis herbal seperti teh herbal bisa membantu mengurangi gejala nyeri pada sendi, serta bisa membantu mencegah nyeri sendi pada pinggul, lutut, dan sendi-sendi lainnya.
  • Berolahraga, latihan, atau bergerak secara teratur dalam batas-batas yang wajar bisa membantu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas sendi. Beberapa jenis latihan yang bisa Anda coba antara lain: peregangan dan berbagai jenis olahraga ringan.
  • Terapi fisik. Seorang ahli terapi fisik yang mengkhususkan diri dalam menggali dan mempelajari gerakan manusia biasanya bisa membantu menghilangkan nyeri sendi.
  • Beristirahat. Salah satu cara terbaik untuk mengurangi nyeri pada sendi adalah dengan beristirahat dan rileks. Biasanya, setelah beristirahat energi akan kembali pulih dan tubuh bisa beraktivitas secara alami lagi.
  • Penuhi kebutuhan cairan. Apabila kekurangan cairan, tubuh tidak hanya akan mengalami dehidrasi melainkan juga bisa mengalami nyeri terutama pada bagian pinggang. Untuk mengatasinya, penuhi kebutuhan cairan harian Anda dengan minum setidaknya delapan gelas atau 2 liter air per hari.

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi Nyeri Sendi"

Post a Comment