Mengapa Anak-Anak Harus Sering Main di Luar Rumah?


Anak bermain di Playground
via journeydownthescale.info

Dewasa ini, semakin jarang kita lihat anak-anak bermain di luar rumah. Sebagian besar mereka bermain di dalam rumah, tidak hanya disebabkan karena pengaruh gadget dan televisi, melainkan banyak orang tua yang sengaja melarang anak anaknya bermain di luar rumah karena malas mengawasi, khawatir anak kepanasan, khawatir anak cedera, khawatir anaknya hilang, dan lain-lain.

Padahal, bermain di luar rumah sangat baik bagi anak, terutama untuk meningkatkan kesehatan fisik, meningkatkan imun tubuh, baik juga untuk menjaga kesehatan mata, serta yang paling penting adalah, bisa membantu mereka belajar dan beradaptasi dengan lingkungan.

Tentu saja masih ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan oleh anak jika mereka dibiarkan bermain-main di luar rumah. Beberapa manfaat anak-anak bermain di luar rumah yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan oleh setiap orang tua agar mau mendorong anaknya bermain di luar antara lain:
  1. Bermain di luar rumah, terutama jika Anda tinggal di tempat-tempat yang udaranya bersih dan tidak terlalu banyak terkontaminasi (polusi), akan membuat anak lebih banyak menghirup udara yang baik dan sehat. Karena udara di dalam rumah cenderung tidak sehat, terkontaminasi, berdebu, dan pengap.
  2. Anak-anak yang bermain di luar cenderung memiliki penglihatan yang lebih baik karena mata mereka sering memandang benda-benda di kejauhan, sering memandang aneka warna, dan lebih bebas.
  3. Anak-anak yang bermain di luar cenderung lebih kreatif dibandingkan dengan anak-anak yang lebih sering menghabiskan waktunya di dalam rumah. Karena lingkungan seringkali menuntut seorang anak untuk menjadi kreatif dan menuntut anak untuk menemukan ide-ide atau solusi terhadap setiap masalah yang mereka hadapi.
  4. Anak-anak yang sering bermain di luar rumah akan memiliki kemampuan beradaptasi dan bergaul (bersosialisasi) yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang jarang bertemu dengan orang lain.
  5. Bermain di luar rumah akan membuat anak-anak aktif bergerak. Aktif bergerak bisa membantu menjaga kesehatan dan membantu mengurangi resiko obesitas.
  6. Anak akan belajar hal-hal baru setiap hari. Semakin rajin anak anak mengeksplorasi dunia di luar rumah mereka, maka akan semakin banyak pengetahuannya. Mereka akan mengenal burung-burung, kupu-kupu, berbagai jenis hewan, cuaca, dan bahkan tumbuh-tumbuhan.
  7. Sinar matahari sangat baik untuk pertumbuhan anak. Sinar matahari yang mengandung vitamin D tentu saja bisa membantu menguatkan tulang. Namun lebih dari itu, sinar matahari juga bisa memberikan beberapa manfaat lain seperti, meningkatkan mood sehingga anak menjadi lebih riang dan gembira, bisa membantu menyehatkan kulit, hingga meningkatkan imunitas.
  8. Anak yang aktif bermain di luar rumah umumnya memiliki banyak teman.
  9. Berbagai indra yang mereka miliki akan terlatih. Mulai dari indra penciuman hingga pendengaran, mereka juga akan belajar bagaimana caranya merasakan sesuatu dengan saraf maupun imajinasi mereka.
  10. Dan lain-lain.

0 Response to "Mengapa Anak-Anak Harus Sering Main di Luar Rumah?"

Post a Comment