Mengapa Ibu Hamil Rentan Terkena Sembelit dan Bagaimana Mengatasinya?


Ibu Hamil Sembelit
via ivfclinicsindia.com

Selama kehamilan, seorang wanita sering mengalami berbagai masalah kesehatan mulai dari diabetes gestasional, meningkatnya resiko terkena tekanan darah tinggi, sering mual dan muntah muntah (morning sickness), hingga sering juga mengalami sembelit atau kesulitan buang air besar.

Berbicara soal sembelit, ini adalah masalah yang paling umum dialami oleh ibu hamil selain ngidam atau mual dan muntah-muntah. Setidaknya setengah dari jumlah ibu hamil pernah mengalami sembelit.


Mengapa ibu hamil mengalami resiko lebih tinggi mengalami sembelit?


Hormon progesteron adalah salah satu penyebab mengapa ibu hamil sering mengalami sembelit. Karena hormon tersebut dapat menyebabkan otot-otot halus di seluruh tubuh menjadi lemah. Termasuk otot saluran pencernaan.

Sehingga makanan yang melewati usus akan bergerak lebih lambat. Masalah ini bisa saja diperparah dengan adanya tekanan dari rahim ke dubur karena ukuran rahim yang terus membesar. Selain itu mengkonsumsi suplemen zat besi dalam dosis tinggi juga bisa menyebabkan sembelit semakin menjadi-jadi.


Bagaimana mengatasinya?


Jika Anda hamil, beberapa tips berikut ini bisa Anda coba untuk mencegah atau mengurangi sembelit.
  • Biasakan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat setiap hari. Beberapa jenis makanan yang kaya serat antara lain: gandum, sereal, roti gandum, serta beras merah, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan segar.
  • Perbanyak minum cairan. Ibu hamil setidaknya harus minum 2 liter atau lebih air setiap hari untuk mengurangi resiko terkena sembelit. Minumlah air sampai urine Anda terlihat kuning pucat atau bening. Jika Anda kesulitan minum air putih dalam jumlah banyak setiap hari, cobalah minum air yang memiliki rasa seperti jus buah. Namun ingat, hindari menambahkan gula ke dalam jus buah atau ke dalam minuman-minuman lainnya karena dapat memicu kegemukan yang pada akhirnya menyebabkan diabetes gestasional dan resiko terkena diabetes tipe 2 meningkat.
  • Bergeraklah secara teratur. Aktivitas yang Anda lakukan seperti berjalan, bersepeda, membersihkan dan membereskan rumah, menyapu di halaman, semuanya bisa membantu mengurangi resiko susah BAB, selain dapat membantu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.
  • Ketika Anda merasa ingin buang air besar, Jangan pernah menunda untuk pergi ke kamar mandi (toilet). Karena apabila sering ditunda hal tersebut dapat menyebabkan kesulitan BAB jadi lebih parah.
  • Jika vitamin prenatal Anda mengandung zat besi dalam dosis tinggi (apabila Anda tidak mengalami anemia) cobalah berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan agar mereka bisa meresepkan multivitamin prenatal yang tidak terlalu banyak mengandung zat besi.

0 Response to "Mengapa Ibu Hamil Rentan Terkena Sembelit dan Bagaimana Mengatasinya?"

Post a Comment