Tips Mengurangi Rasa Sakit saat Melahirkan

tips-mengurangi-rasa-sakit-saat-melahirkan


Siapa pun tahu bahwa melahirkan (bersalin) sangat menyakitkan dan membutuhkan usaha serta keberanian yang besar. Akan tetapi, sebagai seorang ibu Anda tidak perlu panik. Karena ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengelola atau meminimalisir rasa sakit. Beberapa tips mengurangi rasa sakit saat melahirkan berikut ini bisa Anda coba.


Pilihlah tempat yang nyaman


Jika Anda bisa memilih tempat, pilihlah tempat yang paling nyaman. Karena ada banyak hal dari lingkungan yang bisa mempengaruhi emosi kita. Rasa sakit biasanya datang apabila kita terlalu tegang. Untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, tentu lingkungan memiliki pengaruh yang sangat besar.


Pilihlah dokter atau bidan yang benar-benar bisa Anda percaya


Jika Anda memilih bidan atau dokter ketika akan bersalin, pastikan Anda memilih yang benar-benar Anda percaya, sehingga, Anda akan lebih tenang dan lebih yakin. Bidan yang sabar dan telaten juga akan membantu Anda merasa lebih nyaman selama proses persalinan.


Pelajari tentang persalinan


Cari tahu apa saja yang penting untuk dipelajari dari sebuah proses persalinan. Anda bisa belajar dari internet, buku-buku, majalah, video, atau belajar dari orang-orang yang sudah punya pengalaman sebelumnya.


Pelajari irama pernapasan


Pernapasan memainkan peranan penting dalam membunuh rasa sakit. Selama kontraksi, biasanya rasa sakit sudah mulai terasa sangat berat. Melatih diri melakukan pernapasan dengan irama yang teratur jauh-jauh hari sebelumnya bisa membantu Anda mengurangi rasa sakit. Salah satu tips rhythmic breathing yang bisa Anda coba praktekkan adalah, cobalah mengambil nafas dengan cepat 2-3 kali kemudian tahan sekitar 3 detik. Ulangi sampai anda terlatih dan terbiasa.


Manfaatkan citra dan visualisasi


Fokus pada sesuatu yang bisa membuat Anda merasa bahagia seperti wajah pasangan Anda, gambar-gambar yang menginspirasi, atau objek favorit, bisa membantu mengurangi kesadaran Anda akan terasa sakit. Hal lain yang bisa Anda coba adalah dengan mendengarkan musik yang menenangkan.


Mandi


Mandi bisa memberikan rasa tenang. Mandi dengan air dingin atau air hangat bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Menurut para ahli, mandi air hangat bisa membuat tubuh menjadi lebih santai dan dapat membantu mempercepat proses persalinan.


Aktiflah bergerak


Bergerak sebanyak mungkin mulai dari berjalan, jongkok, bergoyang, dan lain-lain, akan membuat proses persalinan menjadi lebih cepat. Anda bisa mencoba berbagai posisi yang benar-benar membantu Anda merasa nyaman.


Sentuhan


Sentuhan-sentuhan seperti genggaman dari suami, pegangan pada bahu dari ibu, dan lain-lain merupakan bentuk dukungan yang kadangkala bisa memberikan kekuatan, sehingga kita merasa lebih tegar dan lebih berani ketika melahirkan.

0 Response to "Tips Mengurangi Rasa Sakit saat Melahirkan"

Post a Comment