Tips Meningkatkan Jumlah ASI pada Saat Menyusui


Meningkatkan jumlah ASI
via familykitchen.co.za

Setelah bersalin dan memiliki anak, salah satu kekhawatiran terbesar seorang ibu adalah, apabila air susu yang mereka hasilkan tidak cukup banyak. Bagi Anda yang merasa jumlah ASI yang dihasilkan payudara Anda masih terlalu sedikit sehingga kadang-kadang tidak mampu mencukupi kebutuhan bayi, beberapa tips meningkatkan jumlah ASI berikut ini bisa Anda coba.


Pompa ASI setelah menyusui


Tips pertama yang bisa Anda coba untuk meningkatkan jumlah ASI adalah dengan memompa payudara setelah menyusui. Bahkan bagi Anda yang tinggal di rumah dan tidak bekerja, memompa tetap bisa merangsang tubuh untuk meningkatkan produksi ASI.


Konsumsi makanan yang bisa meningkatkan jumlah asing


Setidaknya, ada beberap makanan dan minuman yang sebaiknya Anda konsumsi untuk meningkatkan jumlah ASI, diantaranya adalah:
  • Air putih. Menurut penelitian, 75% orang mengalami dehidrasi kronis sehingga, Anda perlu mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air perhari.
  • Konsumsilah kue, tapi bukan sembarang kue, melainkan kue-kue laktasi yang memang sudah diformulasikan untuk membantu meningkatkan jumlah ASI.
  • Bawang putih
  • Wortel
  • Adas
  • Kacang-kacangan (nuts). Seperti kacang mete, almond, dan kacang macadamia.
  • Pepaya muda
  • Biji wijen
  • Jahe


Jangan menyusui hanya dari satu payudara


Pastikan Anda membiasakan diri untuk menyusui dengan kedua payudara secara bergantian setiap sesi.


Hindari memberikan bayi dot di awal-awal kelahiran


Daripada memberikan bayi dot, sering-seringlah menggendong bayi dan biarkan ia mengisap payudara Anda. Karena gerakan menghisap yang dilakukan oleh bayi bisa memancing tubuh memproduksi lebih banyak asi.


Berkonsultasilah dengan ahli laktasi


Jika Anda sudah mencoba berbagai cara seperti yang telah disebutkan di atas namun belum juga mendapatkan jumlah ASI seperti yang Anda inginkan, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan ahli laktasi dengan mendatangi pusat pelayanan kesehatan terdekat.


Gunakan bra dengan ukuran yang pas


Apabila Anda menggunakan bra yang terlalu ketat, hal tersebut dapat menyebabkan aliran susu terganggu. Kadang-kadang, bra juga dapat menyebabkan payudara Anda tidak nyaman sehingga akan terganggu saat memproduksi ASI.


Sebisa mungkin hindari pil KB atau pengendali hormon


Jika Anda ingin membatasi atau memberikan jarak kehamilan, sebisa mungkin hindarilah menggunakan pil KB. Sebaliknya, Anda lebih dianjurkan menggunakan kondom atau IUD yang dianggap lebih baik untuk ibu menyusui. Karena sebagian besar pil KB memiliki efek negatif terhadap pasokan ASI.

0 Response to "Tips Meningkatkan Jumlah ASI pada Saat Menyusui"

Post a Comment