Cara Menghindari Obesitas Agar Terhindar Dari Penyakit

menghindari-obesitas


Obesitas adalah salah satu faktor yang meningkatkan resiko terhadap berbagai penyakit, termasuk penyakit-penyakit degeneratif yang sangat berbahaya seperti diabetes, jantung, dan ginjal.Untuk menghindari penyakit, salah satu caranya adalah menghindari obesitas.

Cara paling tepat untuk menghindari obesitas adalah pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi cukup secara teratur, olahraga teratur, dan cukup istirahat.Ketiga hal tersebut harus dilakukan semua karena kurang satu saja akan membuat keseimbangan tubuh menjadi terganggu.

Faktor makanan memegang peranan penting dalam resiko obesitas karena terlalu banyak makan akan membuat tubuh kelebihan kalori yang selanjutnya akan disimpan dan membuat berat badan meningkat. Oleh karena itu, jangan makan terlalu banyak, terutama makanan tinggi kalori seperti nasi, mie, roti, kue-kue manis, dan makanan lain yang tinggi karbohidrat dan gula. Memperbanyak sayuran sangat disarankan karena membuat kenyang tetapi rendah kalori.

Berolahraga akan membakar kalori sehingga lemak-lemak dalam tubuh akan berkurang dengan olahraga yang teratur. Salah satu olahraga yang murah namun menyehatkan adalah jalan cepat dan lari, terutama yang dilakukan di pagi hari karena udaranya yang segar.

Beristirahat juga sangat dibutuhkan untuk menghindari obesitas karena tubuh yang lelah akan mengirim sinyal pada otak untuk meminta sumber energi baru yang menyebabkan rasa lapar. Selain itu, kurang istirahat juga membuat organ-organ tubuh bekerja tidak optimal sehingga mengganggu metabolisme tubuh yang bisa berakhir dengan meningkatnya berat badan.

0 Response to "Cara Menghindari Obesitas Agar Terhindar Dari Penyakit"

Post a Comment