Cara Minum Air yang Benar agar Tubuh Sehat



Air adalah kebutuhan utama dari tubuh karena air adalah bagian terbesar dari tubuh manusia.Demi kesehatan, manusia harus meminum air yang cukup setiap harinya.Namun, ternyata cara meminum air juga harus diperhatikan jika ingin tubuh menjadi sehat. Berikut ini adalah beberapa hal penting untuk diketahui tentang cara minum air yang benar.

Minum air sebaiknya dilakukan secara teratur.Jangan menunggu haus dulu baru minum air karena haus pada dasarnya adalah sinyal bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi.Waktu untuk minum air yang disarankan oleh para ahli kesehatan setiap harinya adalah:

1. Satu-dua gelas air setelah bangun tidur
2. Satu gelas air sebelum mandi
3. Satu gelas air setengah jam sebelum makan
4. Satu gelas air saat merasa lelah
5. Satu gelas air sebelum tidur

Meminum air yang banyak setelah makan tidak disarankan karena bisa mengganggu penyerapan nutrisi dari makanan yang baru saja di makan.Sebaiknya, minum satu atau dua teguk saja setelah makan untuk membersihkan mulut dan kerongkongan.

Jika anda berniat untuk berolahraga, sebaiknya minimum air satu atau dua gelas dahulu untuk mencegah dehidrasi selama berolahraga.Minum air juga setelah berolahraga untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh.

Saat sakit, anda sebaiknya memperbanyak minum air karena tubuh membutuhkan lebih banyak air untuk proses penyembuhan dan juga membuang zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh. 

0 Response to "Cara Minum Air yang Benar agar Tubuh Sehat"

Post a Comment