Cemilan-Cemilan Sehat untuk Tubuh



Mengemil sering dikatakan tidak sehat karena bisa membuat berat badan berlebih.Namun, mengemil sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh sebagai cara untuk menghindari rasa lapar berlebihan di waktu makan. Dengan kata lain, sebagai pengganjal lapar sebelum makan utama. 
Mengemil bisa dikatakan sehat maupun tidak sehat tergantung dari apa yang dimakan dan bagaimana cara memakannya. Mengemil yang tidak sehat adalah makan makanan kecil yang tinggi lemak, tinggi gula, dan mengandung bahan-bahan tambahan kimiawi seperti pewarna makanan, pengembang, dan pengawet dalam jumlah yang banyak.

Cemilan sehat adalah cemilan yang alami, terlebih lagi yang tidak dimasak seperti buah-buahan segar yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Sebaiknya, makan buah 30 menit sebelum makan utama.

Buah-buahan dimakan segar tanpa ditambah apapun, terutama tanpa gula dan susu. Buah yang bisa dimakan dengan kulitnya seperti apel dan pir sebaiknya dimakan dengan kulitnya karena kulitnya mengandung serat tinggi dan juga berbagai nutrisi penting.

Cemilan lain yang juga sehat adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kenari, almond, biji bunga matahari, dan lain sebagainya mengandung lemak baik, serat, dan juga nutrisi lainnya. 

Kacang dan biji-bijian sebaiknya dipanggang atau direbus, bukan digoreng. Penyajiannya jangan terlalu banyak garam atau gula. Memakan kacang dan biji-bijian tidak boleh berlebihan. Jumlah yang disarankan adalah sekitar setengah cangkir saja untuk kacang kering dan satu cangkir untuk kacang basah.

0 Response to "Cemilan-Cemilan Sehat untuk Tubuh"

Post a Comment