Gejala Kanker Payudara pada Wanita

kanker-payudara-wanita

Tidak ada satu orangpun di dunia ini yang mau sakit apalagi menderita penyakit yang mematikan. Salah satu pembunuh wanita paling kejam adalah kanker payudara. Jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Saat ini sudah tersedia fasilitas cek kesehatan payudara gratis yang disediakan oleh pemerintah untuk deteksi dini kanker ini sejak awal. Jika diketahui sedini mungkin maka pasien bisa sembuh total. Namun yang seringkali terjadi adalah sebaliknya dimana sel kanker sudah menyebar luas.

Lakukan ‘Sadari’ atau periksa payudara sendiri yang langsung berhadapan dengan cermin di depan Anda. Segera periksakan diri Anda ke dokter jika menemukan hal-hal dibawah ini:

Adanya benjolan pada payudara. Benjolan di dalam payudara adalah tanda awal dari penyakit yang bernama kanker. Benjolan ini tidak selalu memberikan rasa sakit atau nyeri. Segera bawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Putting payudara Anda terasa nyeri atau sakit. Jangan abaikan gejala ini. Kanker payudara stadium satu ditandai dengan adanya perubahan bentuk dan warna pada bagian putting disertai dengan rasa sakit. Kemudian juga diikuti dengan keluarnya cairan berwarna kecoklatan seperti nanah dari dalam payudara Anda. 
Warna kulit payudara berubah dan kulit menjadi seperti kulit jeruk. Warna kulit bisa seperti menggelap atau kemerahan khas infeksi dan radang di bagian dalam. Selain itu juga adanya benjolan di bagian ketiak Anda. 

0 Response to "Gejala Kanker Payudara pada Wanita"

Post a Comment