Makan Teratur, Jangan Terlalu Lapar, Jangan Terlalu Kenyang

makan-teratur-hidup-sehat


Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan melalui proses pencernaan untuk bisa diambil nutrisi yang baik dan dikeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Proses pencernaan membutuhkan waktu tertentu yang akan terganggu jika kita makan dengan cara yang salah. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan cara makan kita. Makan secara teratur menjadi kunci hidup sehat.

Biasanya kita akan makan disaat lapar. Rasa lapar adalah tanda bahwa tubuh membutuhkan asupan makanan.Makan saat lapar adalah hal yang baik karena rasa lapar membuat kita berselera untuk makan. Tetapi, kita harus menjauhi makan saat kelaparan karena kelaparan adalah rasa lapar berlebihan yang akan membuat kita makan terlalu banyak sehingga membuat pencernaan bekerja terlalu berat.

Untuk mencegah kelaparan, caranya adalah dengan makan secara teratur.Makan utama dengan menu lengkap dilakukan tiga kali sehari yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam.Diantara makan utama, dibutuhkan makanan selingan yang ringan sebagai pengganjal perut agar tidak kelaparan saat jam makan utama selanjutnya.

Makanlah secukupnya dan hindari kekenyangan.Agar tidak kekenyangan, makanlah secara perlahan agar perut lebih sensitif untuk menangkap rasa kenyang.Sebaiknya hindari makan sambil mengobrol karena hal ini juga membuat kita lengah untuk menangkap sinyal kenyang.Perhatikanlah porsi makan yang biasa membuat kita kenyang.Jika sudah makan sebanyak itu, sebaiknya hentikan makan karena sebenarnya lambung sudah terisi cukup. Mari kita biasakan hidup sehat dalam hidup kita.

0 Response to "Makan Teratur, Jangan Terlalu Lapar, Jangan Terlalu Kenyang"

Post a Comment