Pola Tidur Baik dan Menyehatkan

pola-tidur-baik-sehat

Tidur yang baik dan cukup merupakan salah satu kunci hidup sehat.Tidur merupakan cara istirahat terbaik yang akan membuat organ-organ tubuh terjaga kondisinya. Tidur juga merupakan saat tubuh untuk melakukan penyegaran dan penggantian sel-sel yang rusak dan mati dengan sel-sel baru.

Manusia pada umumnya membutuhkan waktu 7-8 jam tidur lelap setiap harinya.Jumlah ini tidak harus dilakukan berturut-turut tetapi bisa dilakukan dengan cara tidur sekitar 6 jam atau lebih di malam hari dan 1-2 jam di siang hari. 

Tidur di siang hari merupakan kebiasaan yang baik. Menurut penelitian, tidur siang akan membantu meningkatkan tenaga dan menyegarkan otak sehingga lebih semangat dan lebih fokus untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. 

Tidur yang berkualitas baik adalah tidur lelap.Untuk bisa tidur dengan lelap, harus bisa membuang gangguan-gangguan yang mungkin terjadi seperti menyelesaian pekerjaan terlebih dahulu sehingga tidak mengganggu pikiran.Selain itu, kondisi tempat tidur dan ruangan harus nyaman untuk tubuh beristirahat.Tempat tidur cukup luas dan ruangan bersuhu nyaman.Pakaian yang digunakan juga harus nyaman, jangan yang ketat dan kaku.

Untuk membantu tidur lelap dan juga menyehatkan tubuh, sebaiknya meminum air putih bersuhu ruangan sebanyak satu gelas sebelum tidur.Air putih akan membantu membuka aliran darah sehingga mencegah terjadinya penyumbatan dalam pembuluh darah selama tidur. Meminum air sebelum tidur juga mencegah terjadinya dehidrasi saat tidur.

0 Response to "Pola Tidur Baik dan Menyehatkan"

Post a Comment