Tidak Semua Lemak Jahat, Ada Lemak Baik untuk Tubuh

lemak-jahat-lemak-baik


Lemak sering dikatakan sebagai penyebab terbesar masalah-masalah kesehatan.Obesitas yang  meningkatkan resiko berbagai penyakit berbahaya disebabkan oleh lemak. Koleksterol tinggi yang berakibat tekanan darah tinggi, stroke, dan masalah jantung sering dikaitkan dengan konsumsi lemak berlebih.Namun, tidak semua lemak itu jahat.Ada beberapa lemak baik yang justru sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Yang dimaksudkan dengan lemak jahat adalah lemak-lemak jenuh yang biasanya terdapat dalam daging hewan atau lemak nabati yang sudah dijenuhkan.Lemak inilah yang harus dijauhi. Saat makan daging, hilangkan lemak-lemak putih yang menggumpal.Daging ayam yang paling baik adalah bagian dada.Hindari memakan kulit ayam yang tinggi lemak.

Lemak yang baik adalah lemak tidak jenuh yang biasa terkandung dalam biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan juga ikan.Lemak-lemak ini membantu meningkatkan kadar koleksterol baik yaitu HDL dan menekan kolesterol jahat LDL. Selain itu, lemak baik juga membantu keseimbangan produksi insulin.

Minyak yang berasal dari biji-bijian dan kacang-kacangan seperti minyak kanola, minyak zaitun, minyak kedelai, dan minyak kacang mengandung lemak yang baik untuk tubuh.Namun, minyak-minyak ini sebaiknya tidak dipanaskan karena suhu tinggi bisa merubah struktur lemak dalam minyak.

Buah yang mengandung lemak baik yang tinggi adalah alpukat.Namun perlu diperhatikan dalam penyajiannya, yaitu jangan ditambah gula ataupun susu. 

Hampir semua ikan mengandung lemak baik yaitu omega 3 dan omega 6.Namun, perlu diperhatikan juga cara memasaknya. Cara memasak terbaik adalah dengan dikukus atau dipanggang yang tidak menyebabkan gosong dipermukaan ikan.

0 Response to "Tidak Semua Lemak Jahat, Ada Lemak Baik untuk Tubuh"

Post a Comment