Tips Menjaga Kebugaran dan Kesehatan Selama Hamil


Menjaga Kebugaran dan Kesehatan saat Hamil
via dangerouslyfit.com

Ketika kita hamil, ada banyak perubahan yang terjadi di dalam tubuh, disebabkan karena hormon dan kehadiran janin di dalam rahim. Saat hamil, sebagian besar kita pada umumnya merasa sangat lelah, capek, mudah stres, mood yang berubah ubah-ubah, hingga tidak sedikit juga yang merasa sangat malas sehingga ingin tidur-tiduran saja. Padahal, olahraga dan bergerak serta beraktivitas merupakan cara terbaik untuk melawan kelelahan, bisa membantu mengurangi sembelit, bisa meminimalisir resiko pre-eklamsia, bisa menurunkan resiko terkena diabetes gestasional dan masih ada banyak manfaat lainnya.

Agar tetap bugar dan sehat selama kehamilan, selain dengan aktif bergerak, Anda juga perlu:
  • Menghindari gula dan berbagai jenis makanan yang digolongkan ke dalam junk food. Gula dan junk food dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan dalam waktu singkat. Dan seperti yang kita tahu, kelebihan berat badan adalah salah satu pemicu diabetes gestasional dan pre-eklamsia. Cobalah menghindari makanan-makanan olahan (karbohidrat) seperti roti putih, pasta, kue, mie instan, dan berbagai jenis minuman manis lainnya termasuk jus yang ditambahkan gula.
  • Banyak wanita tidak berani mengkonsumsi makanan berlemak dan yang banyak mengandung protein karena takut gemuk. Namun di sini kita tidak membicarakan tentang lemak trans atau lemak tidak sehat, melainkan lemak sehat yang bisa membantu menjaga kebugaran. Diantara sumber-sumber lemak sehat yang baik untuk tubuh adalah:
    • Minyak zaitun
    • Minyak alpukat
    • Buah alpukat
    • Minyak kelapa
    • Mentega yang diperkaya dengan vitamin A, vitamin D vitamin E dan vitamin K.
    • Telur
    • Ikan berlemak seperti ikan tuna atau ikan salmon
  • Air. Minum cukup air setiap hari bisa membantu menghindari dehidrasi dan bisa membantu memperlancar pencernaan sehingga Anda akan jauh dari sembelit. Cobalah untuk minum air secara teratur setiap 2-3 jam sekali sehingga kebutuhan air harian Anda bisa terpenuhi.
  • Beristirahat dan tidur. Tidak hanya bergerak dan berolahraga yang bisa membantu menjaga kebugaran dan kesehatan selama kehamilan, melainkan beristirahat juga sangat diperlukan. Kurang beristirahat bisa menyebabkan tubuh menjadi sangat lelah yang ujung-ujungnya dapat meningkatkan resiko komplikasi seperti kelahiran prematur.
  • Berolahragalah dan nikmati. Olahraga memang membuat kita berkeringat dan capek. Akan tetapi apabila dinikmati, olahraga justru bisa memberikan kesenangan. Menurut para ahli kesehatan, olahraga bisa dijadikan adalah salah satu cara untuk mengurangi stres.
  • Dengarkan tubuh anda. Tubuh bisa memberikan isyarat dan memberitahu Anda kondisinya. Apabila Anda merasa tidak nyaman dan lelah, Anda perlu beristirahat. Namun, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal lain, seperti: malas dan postur tubuh ketika berdiri, duduk, maupun ketika Tidur. Karena postur tubuh dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan dan tingkat kelelahan.

0 Response to "Tips Menjaga Kebugaran dan Kesehatan Selama Hamil"

Post a Comment

Label

agar melahirkan tidak sakit air minum air putih air susu ibu akibat darah rendah alpukat alternatif anak anak cerdas anak sehat anak tinggi anak tumbuh tinggi anak-anak asam urat asi asi banyak asi melimpah Badan Gemuk badan sehat bahaya baik bawang bawang merah Bayi dan Anak bayi pijat bekas luka berat badan berat badan ideal bermain bisul Buah-buahan buta Cacingan Cantik cantk cara cara hamil anak pintar cara mencegah cara mengatasi cara mengatasi nyeri cara mengatasi susah tidur cara menjaga cara sehat cemilan cemilan sehat Cerdas contoh cemilan sehat di luar rumah diabetes diare eklamsia gaya hidup gejala gemuk Gigi ginjal glukosa glukosa darah hamil hati sehat hidup sehat hipertensi hypertensi Ibu Hamil ibu hamil pre-eklamsia imun tubuh insomnia jantung kanker kebiasaan hidup kebutaan Kecantikan kedondong kelebihan berat badan kesehatan kesehatan anak Kesehatan Gigi Kesehatan Gusi Kesehatan Mata Kesehatan Tubuh Kesehatan Wanita kolesterol kolesterol jahat kudis Kulit lansia lemah baik lemak jahat luka makan manis makan teratur Makanan makanan berwarna warni makanan pembersih hati Makanan sehat malam hari mandi mandi malam manfaat masalah ibu hamil mata minus mata sehat melahirkan memantau menangis mencegah mencegah serangan jantung mengatasi mengurangi rasa sakit menjaga kebugaran menurunkan menyehatkan minum Minyak Ikan nyeri nyeri sendi Obat Alami obat kanker obesitas olahraga opini Organ Tubuh payudara pengalaman penyakit penyakit darah rendah penyakit gula penyebab Penyebab Penyakit pijat bayi pola tidur porsi pas pre-eklamsia Protein Radang Sendi Rambut rematik saat hamil saat melahirkan Sakit Kepala sakit rematik sayur sehat sembelit sendi serangan jantung serviks Stroke susah tidur Susu tekanan darah tekanan darah rendah tekanan darah tinggi terbaik tidak kurang tidak lebih tingkat glukosa tipe diabetes Tips tips asi tips asi melimpahibu hamil tips hamil tips ibu hamil tips kebugaran tips menjaga kesehatan mata tips sehat Tomcat tubuh tubuh sehat Tumbuhan turun turun berat badan virus wacana Wajah wanita waspada