Tips Menjaga Kesehatan Mata


Kesehatan mata
via mccrystalopticians.com

Saat ini usia orang yang menggunakan kacamata semakin muda saja. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan menggunakan gadget sejak usia dini dan kebiasaan anak-anak bermain di dalam rumah, bukannya memilih bermain di luar rumah.

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa, jarang melihat benda-benda yang berada di kejauhan dapat membuat mata kita lebih cepat mengalami rabun jauh. Jadi, tidak heran apabila kita melihat banyak anak muda yang saat ini sudah mengalami rabun jauh bahkan sejak mereka masih anak-anak.

Untuk menjaga kesehatan mata Anda maupun keluarga, beberapa tips berikut ini bisa Anda ikuti.


Konsumsi makanan yang sehat


Menjaga kesehatan mata harus dimulai dari piring. Apa yang Anda isi di piring ketika makan akan mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan, khususnya kesehatan mata.

Nutrisi seperti asam lemak omega-3, vitamin C, seng, lutein, dan vitamin E, sangat penting untuk membantu menangkal degenerasi makula dan katarak. Untuk mendapatkan berbagai mineral dan vitamin di atas, setidaknya Anda harus rutin mengkonsumsi:
  • Sayuran berdaun hijau seperti sawi dan bayam
  • Ikan tuna, salmon, atau ikan berminyak lainnya.
  • Kacang-kacangan, telur, dan berbagai sumber protein non daging
  • Jeruk dan berbagai jenis buah citrus
  • Tiram
Diet seimbang juga akan membantu Anda menghindari kelebihan berat badan. Menurut ahli kesehatan, orang yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) berpotensi mengidap penyakit diabetes tipe 2, yang merupakan salah satu faktor penyebab seseorang mengalami kebutaan ketika dewasa.


Berhentilah merokok


Merokok tidak hanya menyebabkan penyakit jantung dan paru-paru, melainkan juga dapat menyebabkan katarak. Kerusakan saraf optik dan degenerasi makula pada umumnya disebabkan karena kebiasaan merokok atau bisa juga karena sering berada di antara para perokok.


Gunakan sunglasses


Di Indonesia masih jarang orang yang menggunakan kacamata hitam (sunglass) ketika keluar ruangan pada siang hari, ketika matahari sedang bersinar dengan terutama antara jam 10.00 - jam 15.00 sore di mana pada saat itu, sinar ultraviolet dari matahari sangat berbahaya dan berpeluang menyebabkan degenerasi makula serta katarak. Saat membeli sunglass, pilihlah yang mampu mem-block antara 99% hingga 100% UVA dan UVB.


Jauhkan mata Anda dari layar


Saat ini, gadget semakin murah dan semakin banyak orang yang memilikinya. Bahkan sejak dini anak-anak sudah diberikan gadget oleh orangtua mereka. Biasanya maksud pemberian gadget pada anak adalah untuk membuat mereka lebih tenang dan lebih mudah dikontrol.

Tapi sayangnya, terus-menerus menatap benda yang berada sangat dekat dengan mata kita menyebabkan mata kesulitan menatap benda-benda yang berada di tempat jauh. Berbagai dampak negatif terlalu sering menatap layar ponsel maupun gadget yang lainnya adalah:
  • Menyebabkan mata tegang
  • Menyebabkan pandangan kabur
  • Menyebabkan kesulitan fokus ketika menatap benda-benda yang berada di kejauhan
  • Mata menjadi kering
  • Sakit kepala, hingga
  • Leher, punggung, dan bahu menjadi nyeri.

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Mata"

Post a Comment