Bukan Hanya Bayi, Orang Dewasa Juga Membutuhkan Sinar Matahari



Sudah menjadi kebiasaan para orang tua untuk menjemur bayi di pagi hari demi kesehatan sang bayi. Ternyata, sinar matahari bukan hanya penting untuk bayi, tetapi sinar matahari memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia berapapun usianya. Manfaat tersebut adalah:

1. Menstimulasi proses perubahan pro-vitamin D menjadi Vitamin D dalam tubuh. Vitamin D sendiri memiliki berbagai fungsi dalam tubuh yaitu menstimulasi penyerapan kalsium dan fosfor yang menguatkan tulang dan membantu peningkatkan kognitif otak. Jadi, jika tubuh terpapar sinar matahari yang cukup, tubuh akan memproduksi vitamin D yang menyehatkan tulang dan otak. Selain itu, vitamin D juga membantu menurunkan resiko beberapa jenis kanker, terutama kanker payudara dan kanker usus besar. Jadi, sinar matahari bisa membantu menurunkan resiko kanker. 

2. Menurunkan tekanan darah. Hal ini terjadi karena saat kulit manusia terkena paparan sinar matahari, akan dilepaskan senyawa nitrit oksida ke pembuluh darah. Senyawa tersebutlah yang membantu menurunkan tekanan darah.


3. Menyembuhkan beberapa penyakit kulit. Sinar matahari terbukti memiliki efek penyembuhan pada beberapa jenis penyakit kulit seperti infeksi jamur, jerawat, eczema, dan psoriasis. 

4. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Sinar matahari bisa membantu tubuh meningkatkan jumlah sel darah putih yang berfungsi memerangi infeksi dalam tubuh dan melawan berbagai penyakit

5. Meningkatkan kualitas tidur. Sinar matahari membantu menghentikan produksi melatonin yang menyebabkan kantuk dan mengirim sinyal pada otak bahwa hari sudah siang sehingga tubuh bangun. Jika kekurangan sinar matahari, maka produksi melatonin di siang hari terlalu banyak sehingga menyebabkan susah tidur di malam hari. 

6. Membantu mengatasi depresi ringan. Paparan sinar matahari ringan mampu meningkatkan kadar antidepresan alami dalam tubuh. Serotonin yang merupakan kimia peningkat mood diproduksi lebih banyak pada hari yang cerah.

7. Membantu menurunkan gejala penyakit Alzheimer. Peneliti menemukan bahwa pasien yang terpapar sinar matahari ringan memiliki gejala depresi, sulit tidur, dan gelisah yang lebih rendah dibandingkan pasien yang kurang terpapar sinar matahari. 

Itulah manfaat sinar matahari bagi tubuh. Namun, perlu diperhatikan bahwa sinar ultraviolet pada sinar matahari juga memiliki bahaya, terutama bahaya kanker kulit. Jadi, harus diperhatikan bahwa paparan sinar matahari yang baik adalah yang ringan di pagi hari. Paparan sinar matahari pagi selama 15-30 menit sudah cukup.

0 Response to "Bukan Hanya Bayi, Orang Dewasa Juga Membutuhkan Sinar Matahari"

Post a Comment