Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Bukan Pagi, Siang, atau Malam



Ada yang mengatakan bahwa pagi hari adalah waktu terbaik untuk berolahraga. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa waktu olahraga terbaik bagi para pekerja adalah malam hari. Ada lagi yang mengatakan bahwa olahraga sebaiknya di siang hari saat tubuh sudah siap beraktivitas yang cukup intens. Lalu mana yang benar? 

Menurut ahli, tidak ada ketetapan tentang pagi, siang, atau malam sebagai waktu terbaik untuk berolahraga. Pemilihan waktu olahraga yang terbaik sebenarnya tergantung dari kondisi tubuh, psikologi, dan faktor eksternal. Oleh karena itu, setiap pribadi akan berbeda-beda waktunya.

Menurut penelitian, tubuh memiliki suatu ritme harian yang menentukan apakah seseorang lebih cocok beraktivitas pagi atau malam. Ritme ini mempengaruhi fungsi tubuh seperti detak jantung, tekanan darah, suhu tubuh, dan juga tingkat hormone setiap harinya yang berpengaruh pada kesiapan tubuh untuk berolahraga. Ritme tubuh ini bisa diketahui dengan merasakan kondisi tubuh saat beraktivitas di pagi, siang, dan malam hari. Cobalah untuk lebih sensitif dan merasakan waktu mana yang paling nyaman untuk beraktivitas fisik.

Faktor psikologi juga sangat berpengaruh untuk menentukan waktu berolahraga karena olahraga harus dilakukan dengan nyaman. Ada beberapa orang yang hanya merasa nyaman jika berolahraga bersama teman, tetapi ada yang sebaliknya, merasa nyaman jika berolahraga sendiri. Untuk kategori pertama, harus menunggu sampai ada teman, sedangkan kategori kedua mungkin harus menunggu saat tempat olahraga mulai sepi. 

Selanjutnya, harus diperhatikan kondisi eksternal yang mempengaruhi kesiapan untuk berolahraga. Sebagai contoh adalah waktu kerja dan kegiatan sosial yang mempengaruhi tersedianya waktu untuk berolahraga. Masyarakat modern banyak yang sibuk dengan berbagai kegiatan, sedangkan olahraga akan memberikan hasil maksimal jika dikerjakan dengan teratur dan konsisten. 

Karena banyaknya faktor yang mempengaruhi pemilihan waktu terbaik berolahraga, sebaiknya melakukan percobaan pada diri sendiri. Bisa dicoba untuk melakukan olahraga di pagi hari, kemudian di siang hari, dan malam hari. Rasakanlah perbedaannya dan pilihlah waktu yang paling nyaman di tubuh, di hati, dan di jadwal harian sehingga olahraga bisa dilakukan secara teratur setidaknya tiga kali setiap minggunya. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan yang cukup dan tidak makan berat setidaknya  90 menit sebelum berolahraga. 

0 Response to "Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Bukan Pagi, Siang, atau Malam"

Post a Comment