11 Rahasia Lain Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan Tubuh



Beberapa jenis lobak, terutama jenis lobak berdasarkan warna, ada lobak yang berwarna ungu, berwarna merah, dan lobak putih. Selain warna yang lebih menonjol, lobak juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Seperti pada lobak putih yang memiliki kandungan vitamin A, B1, B2, C, E, niasin, minyak atsiri, beta carotein, kolin, fosfor, kalsium, mangan, asam folic, asam oksalat, serat kasar dan zat besi.

Lobak putih memiliki warna daging putih. Lobak bisa dimakan dengan cara diolah atau dimasak terlebih dahulu seperti bahan sup. Jika Anda ingin mengolah lobak, Anda bisa merendam terlebih dahulu dengan menggunakan air es, hal ini dilakukan agar lobak tetap renyah ketika dimasak.

Asal Usul Lobak

Lobak (Raphanus sativus) merupakan tanaman dari keluarga Brassicaceae. Budidaya lobak mulai dilakukan oleh Cina pada 500 SM kemudian menyebar ke Mesir dan Yunani. Sebelum kehadiran minyak zaitun, minyak lobak telah digunakan oleh orang-orang Mesir kuno dan dibudidayakan sejak 400 SM.

Hampir seluruh negara di dunia mengkonsumsi lobak, bahkan Amerika mengkonsumsi sekitar 400 juta pound lobak setiap tahun. Di Jepang lobak biasa ditambahkan pada makanan, sementara Cina menumbuk lobak dan menggunakannya sebagai adonan untuk membuat kue. Kemudian di Meksiko, terutama di kota Oaxaca lobak dipotong menyerupai bentuk hewan selama perayaan malam Natal.


Berikut adalah 11 manfaat lobak untuk kesehatan :

1. DETOKSIFIKASI TUBUH

Serat yang terkandung dalam lobak dapat membantu proses detoksifikasi tubuh dengan cara mengikat racun dan limbah, sehingga lobak sangat berguna untuk membersihkan tubuh dari racun dan kotoran-kotoran sel lainnya.

2. MEMBANTU MENGOBATI PENYAKIT KUNING

Penyakit kuning juga dikenal sebagai ikterus yaitu kondisi kulit menunjukkan pigmentasi kekuningan. Lobak dapat membantu untuk mendetoksifikasi darah dengan mengurangi kerusakan sel darah merah yang terjadi pada orang yang menderita penyakit kuning. Sehingga diyakini bahwa lobak adalah salah satu obat alami terbaik untuk mengobati penyakit kuning.

3. MENINGKATKAN KESEHATAN PENCERNAAN

Lobak mengandung karbohidrat dan serat yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Serat berfungsi untuk menjaga gerakan usus yang normal dan meningkatkan kemampuan usus untuk menyerap nutrisi.

4. MENCEGAH DAN MERINGANKAN SEMBELIT

Jus lobak dapat membantu menyembuhkan sembelit dengan menenangkan sistem pencernaan dan memperlancar sistem ekskresi.

5. MENCEGAH DAN MENYEMBUHKAN GANGGUAN KEMIH

Lobak dikategorikan sebagai diuretik yang dapat meningkatkan produksi urin. Jus lobak juga dapat menyembuhkan peradangan dan mengurangi rasa panas pada saluran kemih selama proses buang air kecil.

6. MEMBANTU MENURUNKAN BERAT BADAN

Lobak rendah kalori tetapi dapat membuat perut Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Makan lobak dapat menjadi alternatif untuk menggantikan karbohidrat yang tinggi kalori. Lobak tinggi serat dan memiliki indeks glikemik rendah yang berarti bahwa lobak tidak meningkatkan gula darah Anda dan tidak menyebabkan kelaparan.

7. MENGURANGI RISIKO PENYAKIT KARDIOVASKULAR

Lobak mengandung pigmen yang disebut antosianin yaitu antioksidan kuat yang dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular. Beberapa studi melaporkan bahwa pigmen antosianin dalam lobak memiliki dampak yang signifikan mengurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular.

8. MENCEGAH KANKER

Lobak mengandung Vitamin C, antosianin, dan asam folat yang dikenal sebagai yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Mengkonsumsi lobak secara rutin dapat mencegah Anda dari perkembangbiakan kanker tertentu seperti kanker ginjal, lambung, mulut, usus dan kolorektal. Studi melaporkan bahwa lobak juga mengandung zat yang disebut isthiocyanates yang dapat memicu apoptosis (kematian sendiri) dari sel-sel kanker.

9. MENYEMBUHKAN MASALAH PERNAPASAN

Lobak memiliki efek anti-kongestif yang dapat meringankan masalah saluran pernapasan. Hal ini akan mengurangi gangguan infeksi saluran pernafasan yang terjadi di hidung, tenggorokan dan bahkan paru-paru.

10. MENCEGAH ALERGI

Lobak juga dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah gejala alergi. Kulit lobak dapat menenangkan otot saluran pernapasan dan meredakan asma, sementara zat lain dalam lobak dapat membersihkan darah dari histamin yang merupakan protein yang menyebabkan peningkatan gejala alergi.

11. MENCEGAH DIABETES

Meningkatnya tingkat gula darah dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan organ kerusakan, sehingga sangat penting untuk selalu menjaga tingkat gula darah. Lobak telah dikenal lama sebagai makanan yang baik untuk diabetes. Lobak memiliki indeks glisemik yang sangat rendah yang berarti tidak akan menaikkan tingkat gula darah setelah dikonsumsi. Hal ini juga dapat menghambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.


Sumber:
khasiatsehat.com
khasiat.co.id

No comments:

Post a Comment