Jus Lobak Putih yang Perlu Anda Coba Buat di Rumah



Lobak putih adalah salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi dan juga bisa diramu menjadi obat tradisional yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit ambeien dan batu empedu. Namun,
Anda harus memperhatikan pengolahan lobak putih yang baik dan benar agar mikroba pada sayuran ini bisa mati,  namun jangan terlalu lama memasaknya sebab nutrisi yang terkandung dalam lobak putih akan hilang.

Pencucian lobak putih harus benar-benar bersih dengan cara menyikat lobak putih dengan sikat khusus sayur serta membersihkan lobak dari sisa kotoran tanah yang menjadi tempat bersarang parasit yang kemungkinan masih menempel agar anda terhindar dari efek samping lobak putih yang bisa berbahaya bagi kesehatan jika tidak dicuci dengan cara yang benar.

Pastikan pula sayur lobak putih yang Anda pilih adalah lobak putih yang masih segar dan tidak layu agar nutrisi dan vitamin yang terkandung masih bisa Anda dapatkan secara optimal. Dengan memperhatikan detail sayuran lobak putih yang berkualitas bagus serta pengolahan yang baik, maka Anda akan terhindar dari efek samping lobak putih yang berbahaya bagi kesehatan.

Terlalu sering mengkonsumsi lobak putih-pun bisa memberikan efek samping yang negatif pada tubuh yaitu memicu penyakit toksoplasmosis yang disebabkan oleh parasit toksoplasma. Jika tubuh seseorang dalam tahap imun yang baik, maka kemungkinan efek samping lobak putih tidak begitu berpengaruh sebab penyakit toksoplasmasis bisa sembuh sendiri tanpa perawatan medis.

Namun, bagi orang yang memiliki tingkat ketahanan tubuh yang rendah bisa saja mengakibatkan infeksi. Gejala penyakit toksoplasmasis yang perlu anda ketahui antara lain mengalami demam yang sangat tinggi, rentan mengalami sakit pada sendi otot, keluhan radang tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening, gejala kejang dan sesak napas pun sering terjadi.

Jika pengolahan lobak putih kurang benar sehingga memungkinkan mikroba masih hidup ikut tertelan tentu sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Efek samping lobak putih yang bisa memicu penyakit toksoplasmosis akan mengakibatkan keguguran, kecacatan bayi. Bahkan, yang paling mengerikan adalah kematian pada bayi.

Selain buah, sayuran pun bisa menjadi pilihan alternatif untuk menikmati jus. Sayuran yang bisa dipilih antara lain wortel, lobak, dan bit.

Mengutip laman Boldsky, Senin (7/8/2017), jus lobak merupakan pilihan terbaik ketika Anda ingin menikmati jus sayuran. Alasannya, nutrisi dalam lobak lebih mudah diserap saat dikonsumsi dalam bentuk jus.

Lobak mengandung berbagai nutrisi seperti magnesium, zink, asam folat, kalsium, potasium, vitamin A, vitamin C dan vitamin B6.

Mengkonsumsi jus lobak secara rutin memiliki sejumlah khasiat, diantaranya dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Organ yang dapat dibersihkan yaitu kandung kemih, ginjal, prostat dan saluran pencernaan. Jus lobak juga bisa membersihkan kantong empedu dan hati.

Berikut ini, tiga manfaat lain yang didapatkan jika rutin minum jus lobak, mengutip laman Boldsky, Selasa (8/8/2017).

1. Kaya akan enzim

Jus lobak memiliki kandungan enzim diantaranya mirosinase, esterase, amylase dan distase yang dapat menyembuhkan penyakit jamur seperti fibromyalgia.

2. Mengobati sembelit

Jus lobak juga dapat membantu mengobati konstipasi atau sembelit. Minumlah jus lobak secara rutin, namun jika Anda tidak menyukai rasanya, campurlah dengan wortel atau lemon.

3. Mengeluarkan lendir

Jika Anda memiliki masalah pernapasan seperti asma dan bronkitis, Anda bisa mengeluarkan lendir dengan rutin meminum jus lobak.

Selain itu, Anda juga bisa mengobati mual, muntah dan menyembuhkan sakit tenggorokan.


Sumber:
jamuku.com
liputan6.com

No comments:

Post a Comment