Khasiat Lobak Putih Bagi Kesehatan Ginjal dan Kesehatan



Lobak merupakan diuretik yang cukup kuat.  Minum jus lobak dapat membantu membuang asam urat melalui urine. Fungsi lainnya adalah penambah nafsu makan dan melancarkan pencernaan.

Lobak mempunyai enzim dalam jumlah banyak yang disebut dengan diastase. Enzim ini berfungsi mempermudah dan memperlancar pencernaan pati dalam usus.

Minyak yang terdapat dalam lobak berfungsi sebagai antidiabetes, membersihkan ginjal, dan mencegah timbulnya batu ginjal.

Membuat Jus Lobak
50 gram lobak mentah dicuci, dikupas kulitnya, dipotong kecil-kecil, lalu diblender dengan 50 ml air matang dan air jeruk nipis secukupnya.

Anda cukup mengkomsumsi 3 kali dalam seminggu. Cukup 1 gelas sekali minum dan dilakukan sesudah makan.

Menjaga Kesehatan Ginjal
Agar fungsi ginjal seimbang dan sehat, kurangilah faktor-faktor yang menguras kerja ginjal, yaitu stress, terlalu banyak bekerja, ketakutan, kegelisahan, seks berlebihan, minuman keras dan minuman stimulan seperti alkohol, kopi dan obat-obatan.

Hindarilah juga makanan manis yang berlebihan dan protein  makanan yang berasal dari daging dan susu. Selain makanan, lingkungan yang tercemar racun atau logam berat seperti merkuri, timbal dan alumunium harus diperbaiki atau dihindari.

Selain itu lobak juga mempunyai manfaat sebagai berikut

Kandungan ragam enzim dalam sayuran lobak putih terbukti dapat secara ampuh meminimalisir keberadaan mikroba berbahaya yang mengancam kesehatan mulai dari jenis virus sampai parasit serta jamur.

Kandungan potasium tinggi pada sayuran lobak putih dapat mengatur penyebaran kalsium tubuh. Yakni utamanya berfungsi efektif untuk menjaga ginjal bersih dari kristal maupun batu yang mengendap. Disarankan untuk meminum secangkir jus lobak putih demi membersihkan ginjal dan saluran kemih dari ancaman kerusakan.

Kandungan ragam mineral dan vitamin berlimpah serta desinfektan dan antioksidan tinggi dari lobak putih dapat menjaga keremajaan kulit. Ditambah dengan kandungan air berlimpah maka kelembapan kulit senantiasa dapat lebih terjaga. Menggunakan masker lobak putih bagi wajah juga akan bagus untuk mrawat kulit wajah dari serangan sinar UV dan zat pemicu kanker.

Meskipun memiliki bau yang cenderung menyengat namun pemakaian masker rambut dengan jus lobak dapat meminimalisir permasalahan rambut. Mulai dari kerontokan, kulit kepala terlalu berminyak sampai ketombe. Khusus untuk masker rambut penghilang ketombe maka aplikasinya sejak malam hari dan dibilas keesokan harinya. Pakai secara rutin untuk hasil maksimal.

Konsumsi lobak putih juga sangat baik untuk menjaga kesehatan hati. Zat gizi di dalamnya mampu menjaga kadar bilirubin normal serta menjaga kondisi empedu dalam keadaan optimal. Proses detoksifikasi racun tubuh pun akan sangat terbantu dengan kandungan lobak putih yang kaya akan manfaat kesehatan.

Efek Samping Lobak Putih Memicu Toksoplasmosis

Gejala Toksoplasmosis:

Pada infeksi permulaan akan menimbulkan gejala demam tinggi dengan suhu tubuh melebihi keadaan normal.

Penderita akan sangat rentan terhadap keluhan gampang capai dan juga sakit pada beberapa bagian otot tubuh.

Keluhan radang pada tenggorokan juga akan mulai muncul disertai pula dengan respon kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan.

Mengancam proses kehamilan mulai dari keguguran, kematian bayi atau juga kecacatan bayi pada bagian pusat otak dan juga indera vital yang lainnya.

Keluhan sakit kepala serta menurunnya kesadaran ataupun muncul gejala kejang dan sesak nafas juga dapat menjadi penanda mulainya infeksi toksoplasmosis dalam tubuh penderita.

Penyebab Toksoplasmosis

Penyebab utamanya yakni Toxoplasma gondii yang biasanya bisa ditemui dalam rberbagai agam tempat di sekitar kita. Bisa mencemari tanah yang kemudian berpindah kepada hewan maupun tanaman.

Mengkonsumsi sayuran rawan semisal umbi-umbian tanah macam lobak putih tanpa cara memasak yang tepat juga menjadi pemicu infeksi toksoplasmosis yang utama. Kurangnya kesadaran akan cara membersihkan yang sempurna serta cara memasak yang kurang lengkap mampu berpotensi memindahkan parasit dari sayuran ke dalam tubuh manusia. Ini akan memicu sumber penyakit berbahaya sebagai efek samping lobak putih pada khususnya.

Mengkonsumsi buah tanpa proses pencucian yang sempurna. Terlebih untuk buah yang bersinggungan langsung dengan tanah yang berpotensi terkontaminasi parasit penyebab toksoplasmosis.

Cara Pengolahan Lobak Putih Yang Tepat

Demi mendapat manfaat optimal maka proses pemilihan bahan menu lobak putih pun harus dipilah yang masih segar dan tidak layu.

Bersihkan dengan seksama ubi lobak putih di bawah air mengalir dengan teliti. Gosok ubi dengan sikat sayur yang halus. Pastikan kotoran maupun bekas tanah bersih sempurna tanpa tertinggal pada ubi lobak yang akan dimasak. Hal ini sangat penting karena umbi-umbian cenderung memiliki potensi lebih besar terkontaminasi beragam mikroba tanah yang berbahaya bagi kesehatan tubuh jika membersihkannya secara asal saja.

Untuk mendapatkan hasil menu olahan lobak putih yang renyah maka ada baiknya umbi lobak direndam air es beberapa waktu sebelum mulai diolah tentunya setelah dibersihkan secara sempurna.
Mengolah sayuran cenderung susah gampang. Pastikan sayuran matang sempurna agar segala mikroba bahaya dapat mati dan tidak ikut termakan namun pastikan jangan memasaknya terlampau lama sehingga dapat mengakibatkan rusaknya kandungan nutrisi dalam sayur tersebut. Selamat mencoba ya.

Sumber:
halosehat.com
kabarsehat.com

No comments:

Post a Comment